Dampak Negatif Memberikan Makanan Padat Terlalu Dini pada Bayi

Raka Lestari    •    Selasa, 01 May 2018 14:26 WIB
perkembangan anak
Dampak Negatif Memberikan Makanan Padat Terlalu Dini pada Bayi
Sebelum usia 4 bulan usus bayi belum cukup matang untuk memiliki enzim dan bakteri yang tepat untuk memecah makanan dengan benar. (Foto: Jelleke Vanooteghem/Unsplash.com)

Jakarta: Memperkenalkan makanan padat pada bayi biasanya dlakukan ketika bayi berusia 6 bulan. Namun ada beberapa orang tua yang mencoba untuk memberikan makanan padat pada bayi lebih awal. 

"Untuk bayi yang disusui, kami sarankan menunggu hingga 6 bulan sebelum memperkenalkan makanan padat," kata Dr S. Daniel Ganjian, dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, kepada Romper.com.  

"Sedangkan untuk bayi yang diberi susu formula, kami memperkenalkan makanan padat pada usia 4 buan. Alasan memberikannya dua bulan lebih cepat karena ASI begitu bergizi sehingga kami ingin anak itu mendapatkan vitamin dan antibodi sebanyak mungkin dari ASI." 

Dr Gina Posner, seorang dokter anak di MemorialCare Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California, menambahkan bahwa bagian dari alasan untuk memberikan waktu tunggu adalah bahwa bayi masih memiliki refleks dorongan lidah yang menyebabkan mereka untuk mendorong makanan keluar dari mereka mulut. 

(Baca juga: MPASI di Usia 4 Bulan, Bolehkah?)


(Dari segi sains, memberi makan makanan padat bayi Anda terlalu dini dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari, dilansir dari Romper.com. Baca juga: Ashley Batz)

Selain itu, mereka bisa menghirup makanan jika diberikan makanan padat terlalu dini. "Memperkenalkan terlalu dini juga dapat menyebabkan peningkatan risiko obesitas. Itu juga dapat mengganggu perut mereka karena belum siap untuk makanan," katanya. 

Selain itu, sebelum usia 4 bulan usus bayi belum cukup matang untuk memiliki enzim dan bakteri yang tepat untuk memecah makanan dengan benar, yang dapat menyebabkan mereka tidak menyerap nutrisi yang diperlukan. Ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan peradangan usus.

Dari segi sains, memberi makan makanan padat bayi Anda terlalu dini dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari, dilansir dari Romper.com. 

Menurut Dr Ganjian, penting juga menunggu untuk memberi anak-anak madu sampai pada usia 1 tahun karena risiko keracunan, dan juga menghindari susu sapi sebelum usia 1 tahun karena ginjal bayi tidak dapat memprosesnya dengan benar. 

"Kami dulu mengatakan menganjurkan untuk memberi makanan yang bisa menjadi pemicu alergi seperti produk kacang dan produk makanan laut sampai anak itu lebih tua, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengenalan makanan tersebut pada usia dini benar-benar dapat mengurangi kemungkinan mengalami alergi di kemudian hari." 





(TIN)