Memiliki Dorongan Seks yang Tinggi, Normal atau Tidak?

Raka Lestari    •    Rabu, 11 Apr 2018 18:23 WIB
seks dan kesehatan
Memiliki Dorongan Seks yang Tinggi, Normal atau Tidak?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi sebagian orang, memiliki dorongan seks yang tinggi bukanlah masalah. Namun, bagi sebagian orang dorongan untuk melakukan hubungan seks secara berlebihan menjadi tekanan psikologis. 

Hypersexual disorder adalah kecanduan yang dapat menghancurkan kehidupan seseorang dengan cara yang sama seperti kecanduan lainnya seperti alkohol atau narkoba.

Tanda-tanda hiperseksualitas dapat mencakup masturbasi berlebihan, terobsesi tentang seks sampai titik itu mengganggu kehidupan, waktu yang signifikan dihabiskan untuk merencanakan aktivitas seksual, sering berselingkuh, dan sering menonton sesuatu yang berhubungan dengan pornografi.

Dr Anand Patel, seorang spesialis dalam fungsi seksual menjelaskan ada perdebatan di kalangan dokter tentang apakah hypersexual disorder tergolong kondisi klinis atau bukan. 

Lalu bagaimana membedakan antara seseorang yang memiliki hasrat seksual yang tinggi dengan seseorang yang menderita kecanduan seks?

"Gangguan ini mengganggu kehidupan pribadi dan pekerjaan Anda dan berlangsung selama lebih dari enam bulan, dan menyebabkan penderitaan psikis yang signifikan," jelas Dr Patel, dilansir dari Metro.uk

Hypersexuality disorder dapat dibagi menjadi tiga elemen klinis: fantasi seksual berulang, dorongan seksual berulang, dan perilaku seksual berulang.

"Perilaku ini bersifat kompulsif dan sering mengganggu, termasuk meningkatkan risiko terhadap kesehatan psikologis dan fisik misalnya dalam bentuk infeksi menular seksual dan trauma," kata Dr Patel.

"Biasanya pasien memiliki riwayat keluarga kecanduan, entah itu kimia hingga seksual atau perjudian." 

"Kondisi neurologis tertentu dan obat-obatan atau obat-obatan terlarang dapat menyebabkan perilaku semacam ini. Jika tidak, pengobatan memerlukan terapi psikologis atau psikoseksual khusus untuk mengobati perilaku kompulsif," pungkas Dr Patel. 





(DEV)