Cara Mengapresiasi Si Kecil dengan Tidak Berlebihan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Apr 2018 14:55 WIB
keluarga
Cara Mengapresiasi Si Kecil dengan Tidak Berlebihan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang semakin hari semakin maju tentunya membuat orang tua senang. Apalagi, jika anak sudah bisa menunjukkan sikap-sikap positif pada orang-orang di sekitarnya. 

Tak jarang, orang tua memberikan apresiasi jika anak mendapatkan prestasi atas apa yang dilakukan. 

Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani, prestasi tak melulu dalam piala atau nilai bagus. Untuk anak masa pertumbuhan, ia mencontohkan, bisa makan sendiri hingga habis dan menaruh piring kotor ke dapur sudah dianggap prestasi.

"Prestasi kecil seperti itu perlu diberikan apresiasi, yang tak selalu dalam bentuk hadiah," kata dia dalam konferensi pers kampanye Lotte Choco Pie #PremiumMomentsTogether, Kamis, 12 April 2018.

Selain dalam bentuk barang, apresiasi juga bisa diberikan melalui ucapan atau bahasa tubuh. Misalnya, orang tua mengucapkan terima kasih kepada si kecil yang sudah membantu meringankan tugas. Dalam konteks ini, intonasi atau nada bicara yang ceria atau bersemangat akan membuat anak merasa dihargai.

"Bisa juga non verbal, misalnya kita tersenyum senang dan membuka tangan (untuk memeluk), sebagai tanda apresiasi atas apa yang dilakukan si kecil."

Psikolog yang akrab disapa Nina tersebut menjelaskan bahwa anak pastinya bisa menangkap adanya ketulusan dari perilaku atau ucapan ceria yang dilontarkan oleh orang tua mereka, yang tentunya membuat mereka senang dan bangga pada diri sendiri. 


Lihat video:




(DEV)