Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Pemilih dalam Mencari Pasangan di Aplikasi Kencan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 28 Jun 2018 10:37 WIB
romansa
Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Pemilih dalam Mencari Pasangan di Aplikasi Kencan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah studi dari Australia menemukan bahwa wanita berusia di bawah 40 tahun cenderung lebih pemilih daripada pria dalam mencari pasangan secara daring. 

Studi yang melibatkan lebih dari 41 ribu pengguna situs kencan tersebut juga melihat bahwa pria lebih pemilih berdasarkan usia. 

Studi yang dipublikasi dalam Psychological Science tersebut melibatkan para partisipan berusia 18-80 tahun. Mereka melihat adanya perbedaan spesifikasi antara pria dan wanita dalam mencari cinta secara daring dimana wanita cenderung melihat preferensi pendidikan pada usia tertentu. 

Pemimpin studi Dr Stephen Whyte menganalisa perilaku 41.936 anggota website RSVP selama empat bulan pada 2016 untuk memeriksa lebih dari 215 ribu pertukaran antarpartisipan. 

Hasilnya, wanita berusia 18-30 tahun, yang merupakan usia puncak kesuburan, lebih spesifik dalam mencari pasangan.

Pada rentang usia tersebut, wanita cenderung mencari pria dengan tingkat pendidikan sama atau lebih tinggi. 

Sementara, pria menjadi lebih tak pemilih hingga mereka menginjak usia di atas 40 tahun atau lebih. 

"Evolusi berpihak pada wanita yang sangat selektif tentang pasangan dan dalam banyak budaya, wanita telah terbukti menggunakan pendidikan sebagai indikator kualitas karena sering dikaitkan dengan status sosial dan kecerdasan. Keduanya atribut yang sangat dicari, ”jelas Whyte, yang berasal dari Queensland University of Technology

"Penelitian kencan daring sebelumnya telah menunjukkan preferensi wanita yang sama atau lebih tinggi untuk tingkat pendidikan pada pasangan, tetapi karena data kami mencakup rentang usia antara 18 dan 80, kami dapat secara komprehensif menunjukkan bagaimana preferensi tersebut berubah di seluruh siklus kehidupan reproduksi." 




(DEV)