Membacakan Cerita pada Bayi Ternyata Bermanfaat

Torie Natalova    •    Minggu, 21 May 2017 18:37 WIB
anak-anak
Membacakan Cerita pada Bayi Ternyata Bermanfaat
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa orang tua terbiasa membacakan cerita atau dongeng pada si kecil sebelum mereka tidur. Tampaknya, bagi Anda orangtua yang tidak pernah membacakan cerita, sudah saatnya Anda mengetahui bahwa membaca untuk si kecil sangat penting.

Sebuah penelitian baru dari New York bahkan mengatakan bahwa membaca untuk anak-anak Anda sudah dapat dimulai sejak mereka berusia enam bulan. Penelitian tersebut menemukan bahwa membaca buku untuk anak sejak dini atau usia bayi dapat meningkatkan kosakata.

Tak hanya dapat membantu mereka berbicara, membaca cerita untuk anak Anda juga dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka empat tahun kemudian. Ini berdasarkan penelitian pada lebih dari 250 ibu dan bayi yang mengamati seberapa baik anak-anak memahami kata-kata di samping kemampuan membaca dini dan kosa kata mereka.

Temuan mereka kemudian dibandingkan dengan jumlah buku bacaan yang telah dilakukan anak-anak bersama ibu mereka. Hasilnya, banyak pembacaan buku berkualitas selama awal masa kanak-kanak menghasilkan keterampilan membaca yang kuat di usia dini dan kemampuan membaca ke depan, seperti sudah bisa menulis nama di usia empat tahun.

Menurut penulis utama dan asisten profesor riset di department of paediatrics New York University, temuan in imenarik karena menyarankan agar membaca kepada anak kecil yang dimulai sejak dini, memiliki efek jangka panjang dalam keterampilan membaca dini dan kemampuan membaca yang lebih cepat.


(DEV)