Saat Bertengkar, Ucapkan Satu Kata Ini untuk Meredam Amarah Pasangan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 07 Jun 2017 14:05 WIB
romansa
Saat Bertengkar, Ucapkan Satu Kata Ini untuk Meredam Amarah Pasangan
(Foto: Lifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang pakar hubungan telah menemukan kata apa yang tepat untuk meredam pertangkaran dalam sebuah hubungan. Ternyata, kata tersebut bukanlah "maaf." Semua pasangan suami-istri tentunya pernah bertengkar terkait beberapa hal seperti anak-anak, keuangan. saudara, hubungan, hingga seks. Pertengkaran adalah hal yang wajar.

Pakar hubungan dan terapis keluarga Hal Runkel mengungkapkan bahwa kunci kesuksesan pernikahan bukanlah kuantitas pertengkaran, namun bagaimana Anda menghadapinya.

Menurutnya, pertengkaran bertujuan untuk memperkuat pernikahan dimana seseorang mengekspresikan dirinya dalam rangka menunjukkan rasa cinta yang semakin besar, bukan memojokkan pasangannya.

Lalu, bagaimana cara menghindari pertengkaran yang semakin memanas? Ucapkan kata 'ouch'.

Meskipun terlihat sepele, Runkel berpendapat bahwa kalimat tersebut membuat kita lebih rentan dan memberi insyarat jelas bahwa Anda tak ingin melanjutkan pertengkaran tersebut.

Selain itu, daripada membalas komentar pasangan dengan lebih pedas, cobalah untuk tidak berteriak balik, demikian saran Runkel.

Sebagai gantinya, cobalah ucapkan kata 'ouch' agar pasangan yang awalnya berniat menyerang menjadi sedikit tenang.

Hindarilah menggunakan kata 'tidak pernah' selama pertengkaran karena hal itu seakan menuduh pasangan sehingga mereka justru termotivasi untuk melakukan perubahan yang sifatnya negatif.

"Cobalah berkata jujur, namun tidak dengan brutal, dan janganlah terus beranggapan Anda adalah korban," demikian menurutnya.

Memenangkan pertengkaran karena pasangan merasakan kasian pada Anda bukanlah konstruksi yang baik dalam hubungan.


(DEV)