Ternyata Anak-anak Mendapatkan Warisan Kecerdasan dari Ibunya

   •    Rabu, 26 Jul 2017 10:32 WIB
perkembangan anak
Ternyata Anak-anak Mendapatkan Warisan Kecerdasan dari Ibunya
Karena wanita membawa dua kromosom X dan pria hanya membawa satu, anak-anak dua kali lipat lebih mungkin untuk mendapatkan kecerdasan mereka dari ibu mereka. (Foto: Pinterest/Heymcki.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada alasan yang sangat ilmiah mengapa Anda bisa berterima kasih pada ibu atas kepintaran yang Anda miliki saat ini.

Ibu sekarang bisa berbangga jika memiliki anak yang cerdas, dan bagi para lelaki tentu Anda ingin menemukan pasangan yang cerdas. Menurut penelitian baru yang di keluarkan oleh Psychology Spot, lebih sering kecerdasan anak berasal dari ibu.



Secara umum diketahui bahwa anak-anak diwarisi kecerdasannya oleh kedua orangtua. Namun, penelitian tersebut melaporkan bahwa genetika tertentu beroperasi secara berbeda, tergantung pada apakah mereka berasal dari ibu atau ayah. 

Gen yang menentukan kecerdasan berada di kromosom X. Karena wanita membawa dua kromosom X dan pria hanya membawa satu, anak-anak dua kali lipat lebih mungkin untuk mendapatkan kecerdasan mereka dari ibu mereka.

(Baca juga: Keluarga yang Habiskan Waktu Bersama di Rumah Terbukti Lebih Bahagia)

Riset dari ilmu kesehatan pusat mengatakan pada tahun 1994 mereka mewawancarai 12.686 orang yang berusia antara 14 sampai 22 tahun. Hasilnya setelah memperhitungkan status IQ, ras, pendidikan dan sosio-ekonomi anak-anak, prediktor kecerdasan terbaik adalah IQ ibu.

Ada penjelasan logis lain mengapa ibu dapat membentuk anak yang cerdas. Karena ibu sering memainkan peran asuh yang utama, "ibu juga merupakan arsitek utama lingkungan anak mereka selama masa perkembangan otak dini" kata Forbes. Studi juga mengatakan ibu yang lebih tua juga orangtua yang lebih baik.

Tapi tunggu dulu, para ilmuwan juga memperkirakan bahwa kecerdasan yang bersifat turun temurun yang terbentuk pada anak hanya sekitar 40 sampai 60 persen, tentunya ada faktor-faktor lainnya juga yang mempengaruhi dan penelitian juga mengatakan bahwa ayah yang lebih tua dapat memiliki anak laki-laki yang lebih cerdas.




(Sany Septian)







(TIN)