7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mencari Jodoh Melalui Dunia Maya

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 27 Jul 2017 08:00 WIB
romansa
7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mencari Jodoh Melalui Dunia Maya
Apakah Anda hanya mencari kesenangan atau memang sudah siap untuk hubungan yang baru? Pikirkan baik-baik dan putuskan sebelum Anda memulai petualangan di dunia maya. (Foto: Ilywelyn Nys)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencari pasangan melalui dunia maya, entah dengan media sosial atau aplikasi kencan daring, bukanlah hal yang asing lagi saat ini. 

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan mencari jodoh dengan cara ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tak tertipu. 



1. Bersiap untuk kecewa
Saat pertama kali menggunakan aplikasi kencan, Anda akan melihat banyak profil lawan jenis yang menarik sehingga menjadi semangat. 

Namun, sayangnya, ketika Anda mengirimkan pesan ke banyak orang, kesempatan untuk mendapatkan balasan hanya kecil. Oleh karena itu, jangan berharap terlalu tinggi. 



2. Cenderung menghakimi dan dangkal
Banyaknya pilihan membuat orang mencari pasangan dengan kriteria fisik tertentu. Jika Anda menilai seseorang hanya dari penampilan, kesempatan untuk mengenal karakter akan terlewatkan begitu saja. 



3. Tentukan apa yang dicari sebelum mendaftar
Apakah Anda hanya mencari kesenangan atau memang sudah siap untuk hubungan yang baru? Pikirkan baik-baik dan putuskan sebelum Anda memulai petualangan di dunia maya. Dengan demikian, akan jelas apa yang Anda harapkan dan akan lebih mudah dalam menyeleksi orang yang akan Anda temui di dunia nyata nantinya. 

(Baca juga: Remaja Perempuan Cenderung Emosional dalam Kencan Daring)



4. Maklumi bila terdapat ketidakcocokan saat kencan pertama
Pada kencan-kencan awal, adalah hal yang wajar bila Anda merasa bosan dengan orang yang Anda kenal melalui dunia maya. Jangan kecewa ketika Anda tidak melanjutkan hubungan dengan beberapa orang dan perlu melalui beberapa kencan lainnya. Tetaplah bersabar hingga Anda menemukan orang yang dirasa cocok. 



5. Jangan ragu untuk memberi pesan lebih dulu
Kebanyakan wanita merasa mereka harus menunggu para pria untuk menyapa lebih dulu. Dalam aplikasi kencan, tidak demikian. Anda harus proaktif agar hubungan yang berawal di dunia maya dapat menjadi kenyataan. 



6. Percaya insting
Banyak orang meragukan kencan daring karena takut adanya hal-hal buruk seperti pemerkosaan atau perampokan karena hanya mengenal dengan baik lawan bicara lewat dunia maya. 

Dalam hal ini, percayalah pada insting Anda. Jika ia meminta nomor telepon dengan terburu-buru dan Anda memiliki perasaan tak enak padanya, jangan ragu untuk memutuskan komunikasi dengannya. 



7. Tidak berpura-pura
Jangan berbohong tekait profil Anda meskipun mudah untuk berpura-pura di dunia maya, baik itu foto atau biodata. Cobalah menjadi diri sendiri. 









(TIN)