Cara Mencegah Perundungan

   •    Kamis, 10 Aug 2017 18:06 WIB
bullying
Cara Mencegah Perundungan
Mengubah pola pengasuhan yang lebih positif dan melihat diri anak dan lingkungannya adalah sesuatu yang positif, menghargai atau self respect. (Foto: Michal Parzuck/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus kekerasan, bullying atau perundungan pada anak-anak sama-sama membuat kita berkaca kembali tentang perkembangan si kecil.

Menurut psikolog anak dan remaja dari Kancil, Ratih Zulhaqqi, M Psi mengatakan bahwa sebenarnya pelaku dan korban pada kasus bullying anak-anak merupakan sama-sama korban.

Kemudian tindakan preventif konkret apa yang harus dilakukan agar kejadian perundungan tidak terjadi lagi?

"Sebenarnya jika dibahas dari pelaku, sebenarnya pelaku pada dasarnya tidak berniat melalukan perundungan atau bully, mengingat usianya. Tidak ada niatan sengaja," ucap psikolog yang ramah ini.

Ia melanjutkan bahwa tindakan preventifnya adalah dari keluarga, "bagaimana anak ini bisa tumbuh secara positif dan melihat dirinya dan lingkungannya adalah sesuatu yang positif, artinya menghargai atau self respect."

(Baca juga: 5 Hal dalam Tindakan Perundungan)



Anak Peniru Orangtua
Ratih mengatakan juga bahwa, di sini peran orangtua adalah sangat penting, di mana ada istilah "children see, children do" yaitu anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. 

"Ketika anak melihat apa yang dilakukan oleh orangtua, anak akan mencontoh," pungkas Ratih. Ia mencontohkan misalnya orangtua sering melakukan bully secara verbal tanpa sengaja, entah itu berteriak atau memarahi anak.

Maka ia menyarankan maka ubahlah pola pengasuhan di rumah, kemudian berusaha untuk berdiskusi kepada anak-biarkan anak mengekspresikan apa yang mereka rasakan, lalu kemudian diarahkan.

"Orangtua juga perlu menggali tentang apa yang anak rasakan, misalnya ia merasakan hal yang tidak nyaman dan bagaimana mengekspresikan perasaan tidak nyaman tersebut sehingga tidak dikeluarkan dengan hal lain yang justru bisa membahayakan orang lain."











(TIN)