Anak Jadi Lebih Pendiam Sejak Pindah Rumah, Wajar atau Tidak?

Nia Deviyana    •    Selasa, 20 Jun 2017 14:57 WIB
tanya psikolog
Anak Jadi Lebih Pendiam Sejak Pindah Rumah, Wajar atau Tidak?
(Foto: Vidaescola)

Pertanyaan:

Sejak pindah rumah 2 minggu yang lalu, putri saya yang berusia 5 tahun belum juga memiliki teman. Sejak itu dia terkadang terlihat tidak bersemangat dan menjadi lebih pendiam. Apa anak saya tidak kerasan di lingkungan baru? apa yang harus dilakukan agar anak saya cepat memiliki teman?


Rahayu-Jakarta

Jawaban:

Ibu Rahayu, apa yang dialami putri ibu pada umumnya wajar untuk anak seusianya. Tak hanya anak-anak, orang dewasa saja kadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa beradaptasi dengan dengan lingkungan baru. Mengenai anak yang jadi pendiam dan tidak bersemangat, boleh jadi karena anak kesepian karena pada usianya mereka sangat membutuhkan teman sebaya untuk bermain.

Ibu bisa membantu anak agar bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cara menjalin sosialisasi terlebih dahulu ke tetangga. Dengan demikian, Anda akan tahu tetangga mana yang memiliki anak yang usianya sebaya dengan anak Anda.

Mengundang tetangga yang memiliki anak sebaya ke rumah juga ide yang bagus agar anak bisa berkenalan dan cepat punya teman baru. Manfaatkan juga momen bermain di taman pada sore hari agar anak bisa bertemu anak-anak lainnya.

Untuk membuat anak nyaman dengan lingkungan baru memang membutuhkan proses. Yang harus diingat, pastikan untuk tidak mengubah kebiasaan anak. Misalnya, setiap minggu anak biasa berenang, tetap lanjutkan kebiasaan itu.

Semoga bermanfaat.

Jovita Maria Ferliana, MPsi - Psikolog Rumah Sakit Royal Taruma


(DEV)