4 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Sulit Dipertahankan

Raka Lestari    •    Rabu, 10 Jan 2018 12:49 WIB
perceraian
4 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Sulit Dipertahankan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Semakin lama sebuah hubungan, semakin sering terjadi pasang surutnya. Anda pun lama-lama akan mengetahui sifat asli pasangan. Banyak pasangan sering bertengkar ketika melewati fase ini.

Tammy Nelson, PhD, terapis seks dan pengarang The New Monogamy menjelaskan, meski sering bertengkar, itu tak berarti pertanda hubungan Anda di ambang perpisahan.

Namun, prediksi bahwa hubungan Anda tak bisa bertahan lama bisa dilihat dari beberapa tanda ini.

1. Bertengkar secara kasar

"Ketika pertengkaran berubah menjadi destruktif dan tidak sehat, dengan mudah menyalahkan, mempermalukan, mekritik, bahkan mengejek, itu bukan pertanda baik untuk sebuah hubungan," ujar psikolog Rachel Needle seperti dilansir dari Health.

Secara umum, jika pasangan tidak bisa mengungkapkan apa yang menjadi masalah mereka dengan tenang dan mendengarkan perspektif satu sama lain, kemungkinan mereka akan selalu bermasalah dalam sebuah hubungan.

2. Pandangan yang berbeda mengenai masa depan

"Jika Anda memiliki gagasan berbeda tentang apa yang Anda inginkan untuk masa depan Anda, terutama masalah penting seperti anak-anak, keuangan, agama, gaya hidup, dan di mana Anda ingin tinggal, kemudian tidak mencapai kesepakatan yang sama, sangat berisiko hubungan Anda tidak akan bertahan selamanya," tegas Needle.

3. Tergoda untuk selingkuh

"Menganggumi lawan jenis adalah hal yang normal, tetapi bisa juga menjadi pertanda bahwa Anda mulai menginginkan orang lain selain pasangan Anda saat ini," kata Nelson. Jika memang begitu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis, apakah mengakhiri hubungan dengan tujuan yang baik adalah keinginan Anda.

4. Tidak bergairah dengan hubungan

Sudah tidak ada semangat atau gairah dalam menjalani hubungan menjadi salah satu alasan kuat untuk mengakhirinya.





(DEV)