Menggunakan Emoji untuk Email Pekerjaan Bisa Memberi Kesan Negatif

Raka Lestari    •    Senin, 25 Dec 2017 10:27 WIB
tips & trik
Menggunakan Emoji untuk Email Pekerjaan Bisa Memberi Kesan Negatif
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menggunakan emoticon ceria mungkin terlihat sebagai cara yang baik untuk tampil ramah, tetapi dalam konteks pekerjaan, hal tersebut justru lebih banyak memberikan kesan negatif daripada positif.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa mengirimkan emoticon senyum dalam pesan bisnis bisa menurunkan persepsi orang terhadap kompetensi Anda. Itu juga tidak meningkatkan persepsi akan pribadi yang penuh dengan kehangatan atau keramahan, yang bisa dibilang menjadi alasan utama mengapa emoticon mulai digunakan.

Studi tersebut melakukan beberapa percobaan dengan lebih dari 500 peserta di 29 negara untuk mencapai kesimpulan akhir.

Pada tes pertama, peserta diperlihatkan email terkait pekerjaan dari pengirim yang tidak dikenal. Beberapa peserta membaca email yang berisi emoticon senyum dan yang lainnya tidak, tapi pesan dasarnya sama. Relawan studi kemudian diminta untuk menilai kehangatan dan kompetensi pengirim hanya berdasarkan isi pesan. Mereka juga diminta untuk menanggapi pesan tersebut.

Hasilnya menemukan bahwa, email dengan emoticon senyum justru menunjukkan bahwa peserta penelitian cenderung kurang untuk berbagi informasi dalam respons mereka. (Huffington Post)




(DEV)