Tiga Keterampilan yang Membuat Bisnis Bertahan dan Berkembang

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 23 Oct 2018 17:08 WIB
bisnis
Tiga Keterampilan yang Membuat Bisnis Bertahan dan Berkembang
Mark Zuckerberg (Foto:Dok)

Jakarta: Menjadi seorang pengusaha bukan perkara mudah. Jika tidak pandai mengelola, dalam kurun waktu singkat usaha yang dirintis terancam gulung tikar.

Business Coach nomor satu dunia, Coach Yohanes G Pauly mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan penulis buku bisnis top dunia Michael E Gerber, sebanyak 90 persen bisnis bangkrut pada lima tahun pertama. Lalu, pada 10 tahun pertama, jumlah bisnis gulung tikar menjadi 96 persen. 

"Artinya, hanya 4 persen bisnis yang bertahan dalam 10 tahun pertama," kata Yohanes.

Yohanes menyebutkan, rendahnya tingkat bertahan usaha karena tidak memiliki tiga keterampilan dalam menjalankan bisnis. Tiga keterampilan tersebut dijalankan oleh entrepreneur dunia.

"Bila kita belajar dari top entrepreneur terkaya di dunia seperti Mark Zuckerberg sang pemilik Facebook, Bill Gates sang pemilik Microsoft, atau Amancio Ortega pemilik Zara (orang terkaya nomor satu dunia), mereka memiliki satu kesamaan, yaitu menguasai tiga keterampilan penting yang harus dimiliki oleh entrepreneur," ujarnya.

Tiga keterampilan yang dimaksud ialah marketing dan branding, membangun sistem dan automation, menguasai bahkan mengubah internet dan digital marketing.

Marketing dan branding akan membuat produk barang dan jasa dinanti pelanggan, sehingga potensi berkembang menjadi lebih besar. 

Keterampilan membangun sistem dan automation dibutuhkan agar pondasi usaha yang dibangun semakin kuat. Jika berhasil, usaha yang dibangun bisa berjalan sendiri dan berkembang tanpa peran aktif Anda di dalamnya suatu saat nanti.

Kemudian, keterampilan internet dan digital marketing. Ini wajib dimiliki entreprenuer saat ini. Sebab, konsumen cenderung memanfaatkan teknlogi dalam memenuhi kebutuhannya.

Anda tertarik mengetahui lebih dalam tentang tiga keterampilan tersebut? Ikuti pelatihan yang diberikan langsung Coach Yohanes G Pauly pada Indonesia Entrepreneurs Conference (IEC) 2018. Peserta akan mendapatkan Strategi Praktis Lengkap dan Sudah Terbukti Berhasil Bangun Bisnis Sukses yang Profitable & AUTO-PILOT.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mendapatkan tiket Indonesia Entrepreneurs Conference (IEC) 2018 di IndonesiaEntrepreneursConference.com atau telepon (021)4587 1017, SMS atau WhatsApp 0817 1717 4545, atau email info@gratyo.com.


(ROS)