Tips Memilih Selimut untuk Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Apr 2018 14:00 WIB
tips & trik
Tips Memilih Selimut untuk Si Kecil
Agar si kecil nyaman menggunakannya dalam jangka waktu lama, pemilihan bahan selimut harus tepat. (Foto: Tim Bish/Unsplash.com)

Jakarta: Selimut adalah peralatan tidur yang dapat menghangatkan bayi. Agar si kecil nyaman menggunakannya dalam jangka waktu lama, pemilihan bahan selimut harus tepat. 

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih selimut untuk anak berusia di bawah satu tahun. 

1. Bahan yang nyaman
Pastikan bahan selimut ramah di kulit bayi. Katun adalah bahan terbaik. Pilihlah selimut dengan lapisan bawah berbahan katun. Hindari selimut dengan bahan bulu karena dapat masuk ke lubang hidung atau membuat mulut sulit bernapas. 

2. Bahan tidak berat
Usahakan selimut tidak berat karena itu artinya bahan tersebut tidak bernapas. Artinya, udara tak bisa menembus selimut. Hal itu akan membuat bayi kesulitan bernapas. Cobalah hadapkan selimut pada kipas angin yang menyala untuk melihat apakah bahan selimut bernapas. 

(Baca juga: Perlengkapan Bayi Inovatif dan Unik di Bloom & Grow)


(Agar si kecil nyaman menggunakannya dalam jangka waktu lama, pemilihan bahan selimut harus tepat. Foto: Picsea/Unsplash.com)

3. Hindari bahan yang membuat ruam
Hindari bahan kain sintetis atau satin karena tidak dapat menghangatkan suhu tubuh bayi. Selain itu, bahan tersebut dapat menyebabkan ruam atau noda pada kulit sensitif. 

4. Tak perlu hiasan
Hindari membeli selimut dengan hiasan pada bagian pinggir, misalnya rumbai atau pita untuk menghindari bahaya bayi terlilit.

5. Ukuran yang tepat 
Pilihlah ukuran selimut yang tepat. Gunakan ukuran besar bila Anda ingin membungkus di kecil. Sementara, jika hanya ingin melapisi di atas tubuh, saat tidur misalnya, ukuran sedang sudah cukup. 






(TIN)