Membandingkan Kebiasaan Tiga Generasi pada Pagi Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Jun 2018 14:15 WIB
generasi milenial
Membandingkan Kebiasaan Tiga Generasi pada Pagi Hari
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Generasi Z, milenial, dan baby boomers sangat berbeda. Bahkan hal tersebut terpancar dari awal ketika mereka bangun tidur. 

Sebuah jajak pendapat dari MSN mencari tahu kebiasaan pagi warga Amerika. Kebanyakan perbedaan tersebu berkaitan dengan usia. 

Generasi baby boomers tengah mengalami masa pensiunan sehingga mereka cenderung bangun lebih lambat dibandingkan generasi produktif. Hampir sepertiga dari mereka bangun di atas pukul 7 pagi. Sementara hanya 15 persen generasi yang berusia di bawah 65 tahun yang memiliki kebiasaan serupa. 

Mereka yang berusia antara 30-64 tahun bahkan terbiasa bangun sebelum pukul 6 pagi, dengan presentase lebih dari 50 persen. 

Selain itu, tiap generasi memiliki tren yang berbeda. Misalnya, milenial adalah generasi yang paling suka membaca berita daring, sementara 13 persen baby boomers lebih senang membaca koran setiap pagi. Di satu sisi, hanya 1 persen generasi Z, yang berusia di bawah 20 tahun, yang melakuakn rutinitas konvensional seperti baby boomers

Data tersebut juga menyebutkan bahwa mereka yang berusia di bawah 65 tahun lebih terbiasa menentukan pakaian yang akan dipakai keesokan harinya di malam hari. 

Terkait sarapan, semakin tua seseorang, semakin mereka mengutamakan sarapan. Sebanyak 40 persen lansia selalu menyempatkan diri sarapan. Sebaliknya, dua pertiga dewasa muda justru tak pernah atau jarang mengisi perut di pagi hari. 

Orang dewasa pada segala usia cenderung tidak merencanakan kegiatan sehari-hari. Sekitar 68 persen orang dewasa muda hingga lansa hanya mengikuti alur saja. 

Hampir sepertiga lansia berolahraga di pagi hari, dibandingkan 18 persen dari mereka yang berusia sekitar 20-an dan 25 persen usia paruh baya. 

 




(ASA)