Benarkah Kemampuan Membaca Anak Perempuan Lebih Baik daripada Laki-laki?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 22 Sep 2018 18:43 WIB
anak-anaktumbuh kembang anak
Benarkah Kemampuan Membaca Anak Perempuan Lebih Baik daripada Laki-laki?
Benarkah Kemampuan Membaca Anak Perempuan Lebih Baik daripada Laki-laki? (Foto: shutterstock)

Jakarta: Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki lebih baik dalam hal matematika. Namun, dalam kemampuan membaca dan menulis, anak perempuan lebih unggul.

Kesimpulan tersebut terbukti dari sebuah data yang melibatkan lebih dari 3 juta anak Amerika di mana anak perempuan menunjukkan performa lebih baik daripada anak laki-laki saat berada di kelas 4. Perbedaan tersebut terus meningkat delapan tahun kemudian di masa sekolah.

Menurut laporan Pacific Standard, kesenjangan gender dalam kemampuan menulis jauh lebih besar daripada membaca, yang sangat problematik mengingat betapa pentingnya keterampilan menulis untuk kesuksesan kuliah.

Penulis utama, David Reilly, seorang psikolog di Griffith University di Australia dilaporkan mengatakan bahwa tampaknya kesenjangan gender telah sangat diremehkan.

"Kebanyakan orang berpikir anak laki-laki dan perempuan di sekolah dasar mulai dengan kemampuan kognitif yang sama, tetapi penelitian ini menunjukkan sebaliknya."

Studi yang dipublikasi dalam  jurnal American Psychologist tersebut menganalisis data dari National Assessment of Educational Progress yang tahun 1988 hingga 2015 untuk kemampuan membaca, dan 1998 hingga 2011 untuk menulis. Para peneliti berfokus pada tes yang diambil di kelas empat, kelas delapan, dan kelas 12.

Para peneliti studi menemukan bahwa perbedaan gender dalam membaca dan menulis prestasi ditemukan di semua tingkat spektrum kemampuan. Anak perempuan mengungguli anak laki-laki dalam prestasi membaca dan menulis, dan perbedaan gender ini tampaknya tidak menurun.

Namun, temuan tersebut tidak dapat menjelaskan apakah perbedaan ini didasarkan pada biologi atau sosialisasi.


 


(ELG)