Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Kursi Bayi di Mobil

Sunnaholomi Halakrispen    •    Rabu, 16 Jan 2019 11:29 WIB
keluarga
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Kursi Bayi di Mobil
Penting untuk bayi untuk memiliki kursi khusus demi keselamatan mereka di dalam mobil (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)

Jakarta: Saat ini hentikan kebiasaan memangku bayi di kursi depan saat berkendara mobil. Hal itu sangat berisiko sehingga membuat bayi terjepit atau terbentur ke dashboard mobil.

Meski ada sabuk pengaman, upaya itu tak cukup membantu. Sebab sabuk pengaman hanya cocok digunakan untuk orang dewasa.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah menggunakan kursi khusus bayi atau car seat. Itu menjadi alat penting karena bisa membuat si kecil aman di dalam mobil. Tapi untuk bisa membuat bayi aman, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang keamanan penggunaan kursi bayi di mobil. Seperti dikutip dari Very We Family berikut ini:

1. Pilihan Kursi

Setidaknya ada dua pilihan kursi bayi. Pertama, kursi mobil yang dirancang untuk bayi dan hanya dapat diletakkan menghadap ke belakang.

Jenis kursi mobil bayi ini menyatu dengan pangkalan di dalam mobil dan memiliki pegangan.

Hal tersebut membuat kursi dapat dibawa ke mana-mana. Jika Anda memilih kursi ini, Anda harus memeriksa batas berat dan tinggi kursi mobil secara spesifik.

Pilihan kedua, kursi mobil yang dapat dikonversi. Jenis ini dirancang untuk dapat digunakan pada bayi yang baru lahir maupun pada usia tiga sampai lima tahun. Sebab kursi tersebut dapat diatur panjangnya.

Namun, tidak seperti kursi mobil bayi sebelumnya, kursi mobil ini tidak dapat dibawa ke luar kendaraan Anda. Sehingga, tidak dapat digunakan sebagai pengangkut.




2. Tips Keamanan

Kursi bayi di mobil yang bervariasi harus disesuaikan dengan Undang-undang yang berlaku di setiap negara tempat Anda tinggal. Maka, demi keamanan, patuhilah peraturan tersebut.

Kemudian, jangan biarkan bayi Anda tidur di kursi mobil. Walaupun tidak tega membiarkan bayi terkantuk di dalam mobil, lebih aman untuk menempatkan bayi tidur terlentang di boks bayi.

Selain itu, sangat penting untuk menjaga bayi Anda hangat dan nyaman. Maka, ketika suhu dalam mobil turun atau Anda ingin mendinginkan suhu mobil Anda, gunakanlah sarung jok atau selimut yang tepat sebagai pengganti mantel untuk bayi.

Anak Sehat Produksi ASI Meningkat



(FIR)