Studi: Berjalan Sambil Bermain Ponsel Berbahaya

Raka Lestari    •    Jumat, 03 Aug 2018 08:17 WIB
studi kesehatan
Studi: Berjalan Sambil Bermain Ponsel Berbahaya
Para peneliti juga menemukan bahwa cara mereka berjalan dan menanggapi hal sekitarnya dipengaruhi oleh ponsel mereka. (Foto: Hugh Han/Unsplash.com)

Jakarta: Melihat seseorang berjalan sambil bermain ponsel mungkin bukanlah pemandangan baru di zaman sekarang.

Dan mungkin Anda menganggap bahwa hal itu merupakan sesuatu yang biasa dilakukan oleh orang-orang di kehidupan yang serba modern ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa bermain ponsel sambil berjalan merupakan hal yang berbahaya. 

Menurut penelitian terbaru, distraksi dari lingkungan sekitar dapat menyita perhatian Anda dan itu bisa berbahaya bagi Anda. 

Berdasarkan penelitian dilakukan di University of British Columbia, yang diterbitkan dalam jurnal Transportation Research Record, menunjukkan pengaruh antara bermain ponsel saat berjalan dapat memengaruhi Anda. 

Para peneliti memelajari kebiasaan berjalan lebih dari 300 pejalan kaki di sebuah persimpangan yang sibuk, di Kamloops, sebuah kota di British Columbia, Kanada. 


(Studi mengatakan lebih dari sepertiga pejalan kaki terganggu oleh ponsel yang dimainkan oleh orang lain di jalan. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Kebiasaan Main Gadget di Ruang Gelap Pengaruhi Kesehatan Reproduksi)

Setelah menganalisa rekaman dari para pejalan kaki tersebut, para peneliti menemukan bahwa lebih dari sepertiga para pejalan kaki terganggu oleh ponsel mereka, entah itu dengan hanya melihat ponsel mereka, mengirim pesan, atau menelepon. 

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa cara mereka berjalan dan menanggapi hal sekitarnya dipengaruhi oleh ponsel mereka ketika melihat ponsel dan berjalan pada waktu yang bersamaan. 

Rushdi Alsaleh, penulis utama pada studi tersebut mengatakan, "Kami menemukan bahwa lebih dari sepertiga pejalan kaki terganggu oleh ponsel mereka, yang menyebabkan mereka lebih kesulitan untuk mempertahankan kecepatan mereka dalam berjalan dan gaya berjalan mereka. Serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyebrang jalan sehingga berpotensi menimbulkan konflik dengan kendaraan."

Bagaimanapun juga mengecek atau bermain ponsel sambil berjalan sangatlah berbahaya dan tidak efisien. Untuk itu, sebaiknya ketika sedang berjalan usahakanlah untuk tidak bermain ponsel agar keamanan Anda ketika sedang berjalan bisa terjamin dan tidak merugikan orang lain juga. 





(TIN)