Semakin Jauh Selisih Usia, Semakin Langgeng Sebuah Hubungan?

Raka Lestari    •    Minggu, 08 Jul 2018 10:44 WIB
romansa
Semakin Jauh Selisih Usia, Semakin Langgeng Sebuah Hubungan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang berpendapat, semakin besar perbedaan usia di antara pasangan, maka hubungan kemungkinan besar bisa langgeng.

Begitu juga wanita yang kebanyakan memilih pria yang lebih dewasa karena dianggap bisa memimpin hubungan.

Namun, apakah perbedaan usia yang jauh bisa menjadi jaminan bahwa sebuah hubungan langgeng?

Menurut studi yang dilakukan pada 2014 dari Emory University, pasangan dengan perbedaan usia satu tahun memiliki tiga persen kemungkinan untuk bercerai, lebih rendah dibandingkan pasangan dengan perbedaan usia hingga lima tahun, yng mana memiliki kemungkinan perceraian sebesar 18 persen.  

Studi menunjukkan semakin besar perbedaan usia justru meningkatkan peluang perceraian. Hal ini tentu berseberangan dengan pandangan umum.

"Perbedaan 10 tahun memiliki peluang cerai sebesar 39 persen, dan selisih usia 20 tahun memiliki peluang 95 persen," demikian hasil penelitian yang melibatkan 3.000 pasangan ini, dilansir dari Elite Daily.

Meskipun begitu, Hugo Mialon, salah satu peneliti mengatakan ada faktor lain yang menjadi indikator perceraian, selain usia tentunya.

Pada dasarnya, keberhasilan dari suatu hubungan tergantung pada beberapa komponen dasar, seperti nilai dan keyakinan bersama, komunikasi yang sehat dan bagaimana memecahkan konflik, kepercayaan, keintiman, dan kemampuan untuk mendukung tujuan satu sama lain.




(DEV)