I'm Possible

Memelihara Titipan

   •    Senin, 20 Mar 2017 10:08 WIB
keluarga
Memelihara Titipan
Ilustrasi. (Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Acap kali kita sebagai manusia sangat menyukai sesuatu dan ingin selamanya begitu. Tanpa kita sadari, sesuatu yang saat ini kita genggam bisa kapan saja berubah, bahkan hilang.

Coach I'm Possible sekaligus penulis Quantum Ikhlas Erbe Sentanu mengatakan sesuatu yang kita miliki saat ini sebenarnya hanya titipan. Saat titipan itu berubah, kita merasa kecewa dan menyatakan bahwa ini adalah harapan palsu. 

Jika kehilangan harapan kemudian kecewa, Sentanu mengatakan bahwa kita saat ini berada pada level pertama, yakni berpikir bahwa apa yang ada di genggaman adalah milik kita, padahal bukan. Itu hanya titipan.

"Agar tidak kecewa kita naik ke level dua, yakni sadar bahwa apa yang kita sebut 'punya kita' sebenarnya hanya titipan. Suatu saat Tuhan punya rencana, akan diambil," kata Sentanu dalam I'm Possible, Minggu 19 Maret 2017.

Sentanu mengatakan titipan itu bisa dari berbagai macam bentuk; pekerjaan, sekolah, anak, keluarga, bahkan kesehatan pun bisa tiba-tiba dicabut. Namun, yakinlah bahwa apa yang telah diambil oleh Yang Maha Memiliki akan terganti dengan yang lebih baik.

"Tinggal kita jaga sepenuh hati tapi sadar ini hanya titipan. Tugasnya, sebarkanlah titipan, cinta itu dengan bahagia dan penuh kasih dan sayang," ujar Sentanu.

Kemudian, kata Sentanu, kunci lain untuk memelihara titipan dan menjauhkan kekecewaan adalah ikhlas dan beryukur. Salah satu yang bisa dihadapi adalah saat memiliki masalah, jangan pernah fokus pada masalah yang tengah dihadapi.

Menurut Sentanu, tubuh mengikuti apa yang kita pikirkan. Pikiran-pikiran buruk ketika kita tertimpa masalah hanya akan menambah beban kehidupan. Kunci agar kita mendapatkan hal yang terbaik adalah mengikhlaskan sambil introspeksi diri.

"Jangan fokus pada masalah tapi tanyakan kenapa saya diberi masalah ini, Engkau mau tunjukkan apa. Di situlah kita akan mampu membenahi diri."




(MEL)