Ciri Anak Berdasarkan DNA Orangtua

Yatin Suleha    •    Selasa, 04 Oct 2016 07:00 WIB
bayi
Ciri Anak Berdasarkan DNA Orangtua
Semua ciri khas dari wajah si kecil ternyata tidak banyak bisa dipengaruhi, kecuali dari genetik atau karena keturunan dari orangtuanya. (Foto: Mediacatchak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda pernah mengenali lesung pipit, dagu belah, atau mata sipit si kecil? Bagaimana Anda mengetahui jika si kecil memiliki ciri khusus ini?

Lesung pipit
Tenyata, ketika si kecil lahir di dunia ini, kita bisa secara kasat mata melihatnya. Bahkan sejak ia baru saja berumur 1 hari. Cara mengetahui lesung pipitnya, Anda bisa melihatnya ketika ia menangis, maka gerakkan susunan otot di bagian wajah terutama di bagian pipi membentuk lekukkan. 

Jika ini terjadi walau belum secara tegas, dapat dipastikan nanti si kecil semakin besar maka akan tambah tegas lagi tanda ini. 

(Baca juga: Cuci Tangan, Cara Sederhana Cegah Penyakit)

Dagu belah
Mengetahui ciri dagu belah, yaitu ketika melihatnya menyusu maka secara kasat mata langsung terlihat adanya lekukan di dagu walau belum secara tegas terlihat. Namun, dapat dipastikan ia memiliki dagu yang belah. 

Walau kedua ciri khusus ini belum secara tegas sekali terlihat di minggu-minggu awal setelah kelahirannya, namun setelah satu bulan ke atas maka ciri khusus ini akan terus terlihat lebih jelas dan nyata lagi. 

Diturunkan oleh orangtua
Semua ciri khas dari wajah si kecil ternyata tidak banyak bisa dipengaruhi, kecuali dari genetik atau karena keturunan dari orangtuanya. Hal ini normal dan bukan sindrom dari suatu penyakit.

Dr. H. Adi Tagor, SpA, DPH, dari Rumah Sakit Pondok Indah, mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan anak dengan dagu belah dan lesung pipit dan ciri khas lainnya, ”Ya, harus menikah dengan suami yang mempunyai ciri itu juga,” jelas dokter ramah ini. ”Dan semua ciri tersebut, tidak ada hubungannya dengan penyakit,” tegas dr. Adi Tagor. 

Keturunan dari beberapa ciri khas
Dr. Adi Tagor menjelaskan walau tidak khas dari suatu kalangan atau ras tertentu, namun beberapa ciri khas fitur wajah itu bisa merupakan tanda dari keturunan suatu kalangan atau Ras. Antara lain adalah: lesung pipit secara statistik banyak terdapat di kalangan Caucasian dan Timur Tengah. 

Pada ras orang Jawa juga banyak diturunkan lesung pipit, namun tak sebanyak ras Caucasian dan Timur Tengah. Di kalangan Smith (Yahudi-Arab) banyak yang berdagu belah. Untuk mata sipit banyak terdapat dikalangan SinoMongol. 






(TIN)