Pengrajin Souvenir Pernikahan Kahiyang-Bobby Senang Presiden Gandeng UMKM

Pythag Kurniati    •    Selasa, 31 Oct 2017 09:11 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Pengrajin Souvenir Pernikahan Kahiyang-Bobby Senang Presiden Gandeng UMKM
(Foto: Pytag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Bangga dan bersyukur. Kalimat itulah yang meluncur dari Mintorogo, pemilik kerajinan kaca Risang Aji Art Glass. Bagaimana tidak, dirinya dipercaya mengerjakan 500 kotak perhiasan kaca untuk souvenir pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution pada 8 November 2017 nanti.

Mintorogo menjelaskan, keluarga Presiden memang selalu menggandeng dan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam berbagai acara. Salah satu contohnya, mempercayakan souvenir pernikahan Kahiyang Ayu pada UMKM nya.

“Kami berterima kasih sekali dan merasa terangkat,” kata Mintorogo saat ditemui di rumahnya, Kauman, Pasar Legi, Gang 2 Nomor 7 RT 03 RW 01 Kestalan, Banjarsari, Solo, Senin, (30/10/2017).

Mintorogo menuturkan, awalnya ia mendapat pesanan sebanyak 800 kotak. Namun, ia hanya sanggup mengerjakan 500 kotak lantaran jumlah tenaga kerja.


Kotak perhiasan souvenir pernikahan Kahiyang-Bobby dilukis dengan beberapa motif batik, antara lain kawung, sekar tanjung, parang dan sidomulyo. (Foto: Pytag Kurniati)

Pengerjaan souvenir kotak perhiasan dilakukan oleh enam orang tenaga kerja selama kurang lebih tiga minggu. Saat ini, pengerjaan ratusan kotak souvenir telah rampung.

“Bahkan semua souvenirnya sudah kami antar ke keluarga Presiden,” papar dia. Souvenir ini dikemas dengan sebuah kotak berwarna kuning emas.

Mintorogo mengaku, saat ini UMKM tengah menghadapi era persaingan yang berat. "Dalam kondisi seperti ini, keluarga Presiden memberi kami kesempatan yang luar biasa," ujar pria berusia 49 tahun tersebut.

Mintorogo menuturkan, usaha ini digeluti oleh keluarganya. Dimulai dari ayahnya yang berkecimpung di pembuatan kaca hias sejak tahun 1990-an. Kemudian pada 1999, Mintorogo meneruskan usaha ayahnya.

Selain mendapatkan pesanan dari keluarga Presiden, Mintorogo pun pernah melayani pesanan sejumlah menteri serta tokoh seperti Akbar Tanjung.

"Kalau keluarga Presiden memang sudah sering pesan sejak Pak Jokowi menjabat Wali Kota," tuturnya.






(DEV)