Langkah Sederhana Memastikan Rumah Aman Saat Natal

   •    Selasa, 05 Dec 2017 16:13 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Langkah Sederhana Memastikan Rumah Aman Saat Natal
Ilustrasi pohon natal. (Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman)

Jakarta: Perayaan Natal identik dengan pohon cemara yang dihias dengan berbagai ornamen dan lampu hias berwarna-warni. Sayangnya, tidak semua orang menyadari bahwa di balik nyala lampu yang semarak, ada ancaman keselamatan jika intalasi listrik pada lampu tidak dilakukan dengan benar.

Selain soal instalasi, ada sejumlah hal lain yang terkadang diabaikan oleh masyarakat. Larut dalam kebahagiaan dan semarak natal membuat orang kurang waspada dengan sekelilingnya.

Lalu bagaimana agar perayaan natal aman dari segala macam ancaman? Berikut langkah sederhana yang bisa dilakukan seperti dilansir Gulfnews, Selasa 5 Desember 2017.

Periksa detektor kebakaran
Memeriksa hal kecil seperti alarm asap atau detektor kebakaran sering kali diabaikan. Lama tak dipakai membuka peluang alarm asap mengalami sedikit kerusakan. Jika Anda tidak yakin bahwa alarm masih berfungsi dengan baik sebaiknya hubungi perusahaan pemeliharaan untuk memeriksanya.

Kunci pintu dan jendela
Jangan biarkan pintu belakang atau jendela rumah Anda terbuka. Ketidakwaspadaan memberi kesempatan bagi pencuri. Pastikan Anda telah mengunci semua pintu dan jendela sebelum tidur atau pergi keluar.

Lokasi peletakan pohon
Meletakkan pohon natal terlalu dekat dengan ventilasi AC atau nyala api terbuka seperti lilin akan membuat peluang kebakaran semakin besar. Tempatkan pohon natal di sudut atau di tempat yang jauh dari jangkauan benda berbahaya.

Penyangga pohon
Pilih penyangga atau pot yang kuat dan sesuai dengan ukuran pohon natal yang akan ditempatkan. Sebelum membeli ada baiknya memeriksa penyangga pohon untuk memastikan kekuatannya dan mengantisipasi robohnya pohon ketika sudah dipasang.

Memilih lampu
Jangan membeli lampu pohon natal dengan merek yang tak dikenal. Lampu berkualitas buruk disebut menjadi salah satu pemicu utama kebakaran di rumah selama bertahun-tahun. Lakukan pemeriksaan sebelum memutuskan untuk membeli lampu.

Lampu bekas
Jangan menganggap lampu natal tahun lalu masih berkualitas baik dan bisa digunakan kembali. Periksa dengan teliti apakah ada kabel yang rusak terutama di ujung steker sebelum Anda menggunakannya lagi.

Harus diingat, jangan biarkan kabel berserakan di lantai. Jika Anda memiliki anak kecil, kabel yang berserakan di lantai bisa sangat berbahaya. Pastikan stop kontak jauh dari jangkauan anak-anak dan gunakan selotip untuk menahan agar kabel tak berceceran.

Penggunaan lilin
Lilin mungkin terlihat sangat cantik tapi jangan digunakan secara berlebihan. Pastikan Anda tidak menempatkannya di dekat barang yang mudah terbakar dan matikan sebelum Anda pergi tidur atau keluar rumah.

Aktivitas memanggang
Meninggalkan dapur tanpa diawasi dapat menimbulkan kejadian serius. Periksa ulang kondisi dapur dan semua yang berkaitan saat aktivitas memanggang untuk makan malam selesai. Matikan oven dan kompor jika tak lagi digunakan.

Awasi anak-anak
Berikan pengertian pada anak agar menjauhi lokasi pohon natal atau wilayah sekitar dapur. Jelaskan pada mereka potensi bahaya yang bisa ditimbulkan jika bermain-main di dapur dan mengutak-atik dekorasi pohon natal.




(MEL)