5 Kemampuan Dasar yang Sudah Bisa Dilakukan Batita

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Jun 2017 13:11 WIB
perkembangan anak
5 Kemampuan Dasar yang Sudah Bisa Dilakukan Batita
Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat membuat si kecil senang melakukannya sekaligus melatih kemampuan motorik dan sensorik mereka. (Foto: Pinterest/Heymcki.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan anak umur tiga tahun (batita) ingin melakukan beberapa hal secara mandiri. Dalam momen tersebut, Anda mengajarkannya beberapa keahlian keseharian dan memperingan pekerjaan rumah. 

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat membuat si kecil senang melakukannya sekaligus melatih kemampuan motorik dan sensorik mereka. 

(Baca juga: 7 Tips Melancarkan Bicara Batita)



1. Mengambil makanan
Anak batita normalnya sudah bisa makan sendiri, oleh karena itu biarkanlah ia memilih makanannya sendiri. Sediakan cemilan atau makanan ringan di bagian bawah lemari penyimpanan sehingga ia bisa mengambilnya sendiri. 



2. Mencuci piring
Anak batita sudah bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah, seperti mencuci piring yang dianggapnya sebagai bermain air. Namun, pastikan Anda mengawasinya saat melakukan aktivitas yang melatih kemampuan sensorik tersebut.



3. Merapikan tempat tidur
Ajarkan si kecil merapikan tempat tidur mereka sendiri, seperti melipat selimut atau meletakkan bantal sesuai tempatnya saat mereka bangun tidur. Jangan lupa memberikan contoh, umumnya beberapa kali, agar anak bisa melakukannya dengan baik. 



4. Mengemasi barang ke dalam tas
Jika anak Anda sudah diikutkan ke dalam sekolah informal, biarkan mereka memasukkan sendiri barang-barang apa yang ingin dibawa seperti buku, kotak bekal makanan, dan botol minum. Sepulang sekolah, ajarkan mereka untuk menaruh kotak bekal ke tempat piring kotor. 



5. Mengenakan pakaian sendiri
Anak memang seharusnya sudah bisa berpakaian sendiri sebelum usia batita. Namun, di usia ini, cobalah biarkan mereka memakai pakaian yang lebih rumit seperti memakai celana dengan resleting atau baju berkancing sendiri. 









(TIN)