Lakukan 4 Hal Berikut agar Tetap Bahagia Setiap Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:25 WIB
keluarga
Lakukan 4 Hal Berikut agar Tetap Bahagia Setiap Hari
Komunikasi adalah kunci dalam segala hubungan, terutama untuk hubungan romansa. (Foto: Phuoc Le/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak ada satu kunci pasti untuk mencapai kebahagiaan. Salah satunya adalah memerhatikan diri sendiri, dimana cara tersebut ampuh untuk menjaga suasana hati tetap baik dalam jangka panjang. 

Orang-orang menemukan kebahagiaan dengan cara yang berbeda, jadi kunci utama dalam menemukannya adalah melihat apakah kebiasaan Anda dapat membuat Anda bahagia. 

"Seperti kata Aristoteles, kebahagiaan adalah aktivitas. Banyak hal terjadi dalam hidup, namun banyak hal juga yang perlu kita lakukan, dalam berbahagia adalah salah satunya," tukas Jason Wheeler, seorang psikoanalisis di New York City, Amerika Serikat. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan para terapis untuk membantu tetap positif dalam keseharian. 



1. Kesadaran penuh 
Kesadaran penuh biasanya dilatih melalui yoga. Namun tidak dengan Wheeler, ia merasa berenang adalah kegiatan yang bisa memberikan perasaan tersebut. "Saat berenang, saya harus berkonsentrasi pada apa yang saya lakukan. Dari satu gerakan ke gerakan lain, termasuk dalam pernapasan," jelas Wheeler. 

Selain itu, olahraga tersebut juga memiliki efek samping sedikit. "Saat selesai melakukannya, saya merasa segar dan berenergi," tukas Wheeler yang menyarankan untuk melakukan aktivitas tersebut selama 30 hingga 60 menit saat menjalani hari-hari sibuk. 



2. Membuat daftar
Banyak studi menyebutkan bahwa mengucap syukur dapat membuat tidur lebih baik dan mengurangi risiko depresi. "Jika saya merasa sedih atau cemas, saya membuat daftar tentang apa yang saya syukuri. Hal tersebut dapat membalik pemikiran dan membuat saya tak memikirkan hal-hal yang membuat stres. Selain itu, suasana hati pun membaik," papar terapis Kasi Howard dari San Antonio. 

(Baca juga: Mengenal Lebih Jauh "Ketidakpuasan" dalam Pernikahan)



3. Berkeringat
Cobalah keluarkan cairan dalam tubuh dengan berolahraga. "Lari adalah sumber kewarasan saya. Tak hanya melepas stres, namun juga menemukan ide," ujar Howard. Terdapat alasan ilmiah dari perasaan tersebut. Olahraga membuat adrenalin memuncak dalam tubuh sehingga meningkatkan hormon yang meningkatkan suasana hati yaitu endorfin. 

Bahkan olahraga ringan dapat memberikan perbedaan signifikan dimana sebuah studi menemukan bahwa aktivitas fisik ringan dapat meningkatkan emosi yang lebih baik dibandingkan olahraga sedang. 



4. Bersosialisasi
"Saya menghabiskan waktu beberapa saat dengan suami setiap hari, membicarakan tentang kami. Kebiasaan tersebut menguatkan hubungan kami dan membuat saya senang," jelas editor psikologi Health, Gail Saltz.

Komunikasi adalah kunci dalam segala hubungan, terutama untuk hubungan romansa. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa istri yang merasa emosi mereka ditekan oleh suami, memiliki kualitas pernikahan yang semakin menurun dari waktu ke waktu. Jadi, selalu ekspresikan diri Anda. 









(TIN)