Menjadi Ibu Baru, Siapkan Diri untuk Hal yang Tak Terprediksi

Yatin Suleha    •    Senin, 21 Nov 2016 20:14 WIB
psikologi
Menjadi Ibu Baru, Siapkan Diri untuk Hal yang Tak Terprediksi
Semakin Anda menguasai hal yang tidak terprediksi sebagai orangtua baru, maka Anda bisa menjadi ibu yang lebih bahagia lagi. (Foto: Akamommagazine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah si kecil lahir, Anda percaya diri karena buku panduan untuk mengurus si kecil sudah Anda kuasai. Dibalik itu, ternyata Anda terkaget pada hal-hal "kecil" atau remeh yang tidak terprediksi.

Contohnya seperti, saat kaki Anda gatal karena digigit serangga, dan Anda sedang menyusui, bagaimana Anda menangani hal ini? Atau ketika Anda sedang buang air besar di kamar mandi, tak lama si kecil menangis.

(Baca juga: Keluarga yang Habiskan Waktu Bersama di Rumah Terbukti Lebih Bahagia)

Karen Maezen Miller, dari Sierra Madre, California sekaligus penulis buku "Momma Zen: Walking the Crooked Path of Motherland" memberikan masukan. Persiapkan pada hal yang tidak terprediksi-ditambah hal tersebut tidak tertulis secara khusus di dalam buku panduan.

Siapkan diri untuk hal yang tak terprediksi
Kasus Anda: Pagi ini Anda bangun tidur dan berpikir, "Setelah menyusui di jam 3 pagi, kita punya waktu 3 jam untuk jalan-jalan pagi sambil berjemur dalam matahari pagi. Melanjutkan jalan menuju pasar terdekat membeli sayuran dan buah-buahan, lalu pulang dan mempersiapkan beberapa masakan untuk makan malam."

Dan ketika tenaga Anda terkuras setelah Anda "KO" selesai menyusui di jam 3 pagi tersebut, jangan patah semangat! Tipsnya adalah kurangi rencana Anda yang banyak itu, lalu sederhanakan.

Jadwalkan kegiatan untuk seminggu, jika ada yang tidak cocok pada hari ini, Anda bisa lakukan di hari lainnya. Ini membuat Anda merasa tidak gagal dalam menjalani rencana jangka pendek Anda.

Semakin Anda menguasai hal yang tidak terprediksi sebagai orangtua baru, maka Anda bisa menjadi ibu yang lebih bahagia lagi.






(TIN)

Video /