Kapan Waktu yang Tepat Ajari Anak Makan Sendiri?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 20:36 WIB
tumbuh kembang anak
Kapan Waktu yang Tepat Ajari Anak Makan Sendiri?
Kapan Waktu yang Tepat Ajari Anak Makan Sendiri? (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengajari anak melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan bersama atau ke toilet sendiri, perlu diajarkan saat usia anak memang siap menerima. Lalu, kapankah saat yang tepat untuk mengajarkan anak makan di meja?

"Sejak anak sudah bisa duduk dan mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), anak sudah bisa diajari untuk makan sendiri," jawab psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, dalam diskusi 'Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis', Rabu (16/11/2016).

Ia menambahkan, itulah mengapa tersedia alat bantu berupa kursi bayi yang berguna untuk melatih anak agar bisa makan dan duduk.

Pada awalnya, anak akan secara refleks mengambil makanan dengan asal dan tak selalu langsung memakannya, bahkan bermain-main atau membuangnya ke bawah. Perilaku tersebut adalah wajar karena kegiatan itu adalah salah satu simulasi untuk melatih sel motorik halus anak.

"Mungkin orang tua akan kerepotan membersihkan karena bagian bawah sekitar akan kotor akibat makanan yang berceceran. Tapi hal itu tak masalah jika lantai di sekitar kursi dilapisi koran," tambahnya.

Bila hal tersebut tak dibiasakan, justru akan berpengaruh buruk pada perkembangan anak selanjutnya di mana anak akan memgalami beberapa hambatan terkait beberapa hal yang dalam keseharian.

Salah satu contohnya adalah anak akan kesulitan menulis karena tak terbiasa mendapat stimulasi motorik sehingga tulisan menjadi tak rapi.
(ELG)