Hal yang Bisa Dilakukan Ibu agar Tidak Stres Pasca Melahirkan

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Apr 2018 17:21 WIB
keluarga
Hal yang Bisa Dilakukan Ibu agar Tidak Stres Pasca Melahirkan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Melahirkan menjadi momen bahagia bagi semua wanita. Namun, pada saat yang sama, melahirkan juga bisa memberikan tekanan. 

Kelelahan serta tuntutan acap kali membuat ibu stres pascamelahirkan. Dalam kondisi ini, dukungan suami, mertua, dan teman-teman dapat menjadi penyemangat bagi ibu baru.

Dilansir dari Romper, beberapa hal sederhana ini bisa membuat ibu yang baru melahirkan merasa senang. 

1. Berbagi cerita

Ibu baru seringkali stres karena kaget dengan rutitinas baru merawat anak. Tak jarang, karena kelelahan dan kurang tidur mereka menjadi sangat sensitif. 

Berbagi cerita dengan sesama teman yang sudah menjadi ibu bisa menjadi penyemangat agar tidak terjebak dalam stres. Selain itu, Anda juga bisa berbagi tips dan trik seputar mengurus anak. 

2. Berbelanja

Berbelanja menjadi salah satu cara untuk merileksasi pikiran. Melihat model-model baju anak yang lucu akan membuat bersemangat menjadi ibu baru. 

Untuk suami, teman, atau kerabat bisa melakukan ini untuk membuat ibu yang baru melahirkan senang. 

1. Membersihkan rumah

Beberapa wanita seringkali sungkan meminta bantuan. Di sisi lain, mereka menjadi sangat sensitif jika tidak ada yang membantu. 

Anda mungkin bisa menawarkan bantuan seperti mencuci piring, atau membantu membawakan pakaian kotor ke laundry. 

2. Membantu menjaga bayi

Wanita yang baru saja melahirkan seringkali kurang tidur. Menawarkan diri untuk menjaga bayi membantu mereka mendapatkan istirahat yang cukup. 

3. Membawakan makanan

Seringkali kita fokus membawakan keperluan bayi saat menjenguk teman yang baru melahirkan. Padahal, mungkin saja keperluan bayi sudah terlalu banyak dimiliki. Ada baiknya bagi kita untuk perhatian juga pada sang ibu. 

Bisa dengan membawakan makanan, mengingat sangat mungkin mereka tidak sempat memasak karena kesibukan mengurus bayi. 


Lihat video:





(DEV)