Lima Tanda Bayi Anda Sudah Kenyang

Raka Lestari    •    Selasa, 22 May 2018 09:44 WIB
perkembangan anak
Lima Tanda Bayi Anda Sudah Kenyang
Bayi sudah cukup pandai mengatur sendiri asupan makanan mereka dan membiarkan Anda tahu kapan waktu yang sudah cukup. (Foto: Hal Gatewood/Unsplash.com)

Jakarta: Bayi yang baru lahir tentunya memerlukan asupan makanan secara terus menerus. Dengan bayi yang belum bisa berbicara, terkadang orang tua menduga-duga apakah bayi Anda sudah merasa kenyang atau belum. 

Untuk itu, perlu sekali mengetahui tanda-tanda bahwa bayi Anda sudah merasa kenyang ketika diberikan ASI atau makanan pendamping ASI. 

Dilansir dari Romper.com, berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan ketika bayi Anda merasa sudah kenyang.

(Baca juga: Waktu yang Tepat Menghentikan Dot pada Bayi)


(Bayi yang baru lahir tentunya memerlukan asupan makanan secara terus menerus. Dengan bayi yang belum bisa berbicara, terkadang orang tua menduga-duga apakah bayi Anda sudah merasa kenyang atau belum. Foto: Jelleke Vanooteghem/Unsplash.com)

1. Bayi Anda menutup mulutnya atau menolak makanan yang diberikan
Bayi sudah cukup pandai mengatur sendiri asupan makanan mereka dan membiarkan Anda tahu kapan waktu yang sudah cukup. Jika bayi Anda menyingkirkan payudara, botol, atau sendok, itu adalah tanda yang cukup jelas bahwa mereka sudah cukup kenyang untuk saat ini, menurut The Bump. 

2. Bayi Anda tertidur
Mungkin ini adalah cara bayi berkomunikasi dengan Anda. Dikutip dari Family Health Service, jika bayi Anda tertidur ketika sedang diberi makan itu berarti menandakan bahwa mereka sudah merasa kenyang. 

3. Bayi Anda mulai tidak fokus
Ketika sedang merasa lapar, tentu Anda hanya akan berpikir tentang makanan. Begitu juga dengan bayi Anda, mereka akan fokus terhadap makanan mereka ketika merasa lapar. Dan ketika mereka sudah merasa kenyang, makanan tidak lagi menjadi perhatian utama mereka. 

4. Menggelengkan kepala 
Menggelengkan kepala adalah pertanda bahwa bayi Anda sudah tidak menginginkan makanan tersebut. Jika bayi Anda menggelengkan kepalanya ketika Anda memberikan makanan kepada mereka, itu berarti pertanda bahwa perut mereka sudah merasa kenyang.

Jika bayi melakukannya, pahamilah bahwa mereka mungkin sudah tidak merasa lapar dan sebaiknya tidak memaksakannya. 

5. Bayi Anda terlihat gembira
Sebagai orang tua, tentunya Anda pasti bisa merasakan mood yang dialami oleh bayi Anda. Jika bayi Anda terlihat bahagia dan senang setelah diberi makanan, maka itu berarti bahwa mereka sudah merasa kenyang, menurut Fit Pregnancy. 





(TIN)