5 Tips Membuat Kesan Pertama yang Baik

Raka Lestari    •    Selasa, 03 Oct 2017 09:00 WIB
psikologi
5 Tips Membuat Kesan Pertama yang Baik
Sikap Anda bisa menular kepada orang lain, jadi penting untuk membawa sikap positif ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. (Foto: Martin Dimitrov/Istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda ingin diingat dalam setiap kesempatan yang Anda hadiri terutamanya ingin memeberikan kesan pertama yang baik bagi orang-orang di sekitar Anda, Anda haruslah menjadi berbeda dari orang lain.

5 hal dibawah ini membantu Anda memberikan kesan pertama yang baik: 



1. Pakaian
Apa yang Anda pakai dapat menunjukkan siapa diri Anda kepada orang-orang yang baru mengenal Anda. Pastikan Anda merasa nyaman dan percaya diri atas apapun yang Anda pakai, karena hal ini bisa memberikan efek positif bagi diri Anda. Apa yang Anda pakai dapat memberitahukan identitas Anda dan bisa juga menjadi sumber percakapan dengan orang-orang. 



2. Tersenyum
Psikolog James McConnell mengatakan, "orang-orang yang mudah tersenyum cenderung dapat mengelola dan menjual dirinya secara efektif, dan dapat merawat anak-anak yang lebih bahagia."

Ekspresi wajah merupakan aspek pertama yang diperhatikan seseorang kepada Anda saat memberikan penilaian awal, dan penting untuk terlihat bahagia dan ramah.

Dalam buku How to Win Friends and Influence People, Dale Carneige mengatakan "Anda harus bahagia ketika bertemu orang lain jika Anda mengharapkan mereka juga bahagia bertemu Anda."

(Baca juga: Sikap Positif Kunci Awet Muda)



3. Tunjukkan minat
Jika Anda benar-benar tertarik pada seseorang atau seseorang yang coba Anda dekati, dengarkanlah orang tersebut dengan saksama, ajukan pertanyaan, dan dorong orang lain tersebut untuk membicarakan pengalaman mereka. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan memiliki lebih banyak percakapan yang lebih mendalam dan lebih berkesan. 



4. Bahasa tubuh
Penelitian menunjukkan sebanyak 60-90 persen komunikasi dengan orang lain bersifat non-verbal, jadi saat bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, penting untuk memperhatikan bahasa tubuh Anda.

Jaga posisi tubuh Anda tetap tegak dan rileks, bersandarlah pada kursi untuk menunjukkan pada orang lain bahwa Anda sedang mendengarkannya, dan jangan ragu untuk memberi isyarat dengan tangan Anda saat Anda berbicara. 



5. Buanglah perasaan buruk
Suasana hati Anda yang buruk tentunya dapat berpengaruh terhadap orang lain. Jika Anda mengalami hari yang tidak menyenangkan, Anda bisa mencoba untuk mendengarkan musik atau menonton video lucu. Sikap Anda bisa menular kepada orang lain, jadi penting untuk membawa sikap positif ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. 









(TIN)