Tips Memasak dengan Wadah Porselen

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 30 Nov 2017 11:39 WIB
Tips Memasak dengan Wadah Porselen
Bahan porselen, terutama yang bersifat tahan api, bagus digunakan selama permukaan masih dalam kondisi yang baik. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Ada berbagai jenis bahan wadah untuk memasak. Idealnya, bahan yang digunakan sifatnya tidak mudah mengelupas, pecah, gosong, dan ikut terlarut saat dipanaskan.

Ditambah lagi, bahan wadah harus menjadi konduktor panas yang baik agar makanannya bisa dimasak secara merata.

Salah satu pilihan wadah yang baik untuk memasak adalah porselen, perabot satu ini tahan lama dan tak meleburkan logam ke dalam masakan.

Keuntungan masak dengan bahan porselen
Porselen terbuat dari bahan tanah liat paling murni bernama kaolin. Tanah liat yang memgandung alkalin alami ini membantu menetralkan keseimbangan pH dalam makanan dengan cara berinteraksi dengan keasaman makanan.

Wadah tanah liat baik untuk prosea pemasakan yang lambat karena secara alami melembapkan dam memanaskan bagian dalam wadah agar dapat bersirkulasi dengan mudah.


(Porselen terbuat dari bahan tanah liat paling murni bernama kaolin. Foto: Courtesy of Thehealthsite.com)

(Baca juga: Lezatnya Kuliner Indonesia di Mata Warga Belanda)

Penggunaan porselen dalam microwave
Anda hanya bisa memasak menggunakan wadah porselen dalam microwave saja. Selain itu, Anda harus berhati-hati karena terjadi perubahan suhu ekstrem yang dapat membuat wadah retak. Oleh karena itu, hindari meletakkan wadah dalam perubahan suhu yang mendadak, seperti wadah dingin ke dalam microwave yang panas, atau sebaliknya.

Meletakkan wadah keramik di atas kompor juga dapat menyebabkan wadah retak pada bagian yang terkena suhu lebih panas dibandingkan bagian atas wadah yang lebih netral suhunya.

Anda juga bisa membeli wadah porselen khusus yang tahan api dimana bahan tanah liat yang digunakan didesain untuk mampu mengatasi suhu yang lebih panas.

Kualitas wadah porselen yang bagus aman digunakan
Bahan porselen, terutama yang bersifat tahan api, bagus digunakan selama permukaan masih dalam kondisi yang baik. Kualitas permukaam enamel porselen yang baik membuat wadah tersebut tak akan tergores, berkarat, terkelupas, atau memudar. Namun, sebaliknya, wadah porselen dengan harga murah umumnya riskan digunakan untuk memasak karena mudah rusak. 








(TIN)