Mengenal Sate Kere, Salah Satu Sajian di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Pythag Kurniati    •    Senin, 23 Oct 2017 17:25 WIB
jokowi mantu
Mengenal Sate Kere, Salah Satu Sajian di Pernikahan Kahiyang-Bobby
Sate kere buatan Yu Ngatmi akan dipesan untuk pernikahan Kahiyang-Bobby. (Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Sate kere bakal menjadi salah satu hidangan pada saat pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, 8 November 2017 nanti. Sate kere merupakan makanan khas Kota Solo, Jawa Tengah.

Kata kere dalam "sate kere" memiliki makna miskin. Hidangan ini dahulu identik dengan hidangan rakyat yang tidak bisa menyantap sate daging.

“Di dalamnya ada tempe. Sate kan biasanya hanya daging. Nah ini ada tempe gembusnya, makanya disebut sate kere,” kata salah seorang pedagang sate kere di Jalan Arifin, Kepatihan, Jebres, Ngatmi, 65, Senin, 23 Oktober 2017.

Perempuan yang akrab disapa Yu Ngatmi itu menuturkan, satu porsi sate kerenya terdiri dari sate tempe gembus, tempe bacem, jerohan sapi serta lontong. “Jerohannya macam-macam. Mulai kikil, babat, koyor dan lainnya,” terang Ngatmi.


(Sate Kere disajikan dengan sambal khusus. Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Setelah dibumbui dan dibakar matang, sate kere disajikan dengan sambal khusus. “Bahan sambalnya terbuat dari kacang. Kami buat sendiri,” tutur dia.

Sate kere semakin mantap bila disantap dengan irisan cabai dan bawang merah. Sate kerenya dihargai Rp25 ribu per porsi.

(Baca juga: Keluarga Presiden Pesan 4 Ribu Porsi Sate Kere untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby)

Yu Ngatmi menceritakan, dirinya berjualan sate kere sejak 50 tahun yang lalu. Saat itu, lanjutnya, ia berjualan dengan cara berkeliling sambil menyunggi dagangannya di kawasan Jagalan, Mesen dan sekitarnya.

“Sekarang sudah punya gerobak. Dan ada adik saya yang membantu,” tutur dia.

Kini sehari-hari ia berjualan dengan gerobak di Jalan Arifin, Kepatihan, Solo. “Buka setiap pukul 14.00 WIB. Biasanya pukul 17.00 WIB sudah ludes,” tuturnya.


(Sate Kere ala Yu Ngatmi dipesan oleh keluarga presiden Joko Widodo untuk pernikahan Kahiyang-Bobby. Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Pernikahan Kahiyang-Bobby Sarat Menu Khas Solo

Selain sate kere, beberapa hidangan juga akan memanjakan lidah para tamu undangan saat pernikahan Kahiyang-Bobby, 8 November 2017 mendatang. Menu-menu khas dan tradisional bakal disajikan.

"Seperti nasi liwet, serabi, cabuk rambak, selat solo dan lain sebagainya," ungkap putra sulung presiden yang merangkap juru bicara keluarga presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya itu, Gibran pun akan menyajikan aneka minuman khas. "Beras kencur, gula asem. Pada saat midodareni nanti juga ada rujak degan," katanya.











(TIN)