Michelle Victoria akan Promosikan Eko Wisata di Ajang Miss Earth International 2017

Patricia Vicka    •    Rabu, 13 Sep 2017 13:03 WIB
miss earth international
Michelle Victoria akan Promosikan Eko Wisata di Ajang Miss Earth International 2017
Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani akan membawa filosifi luhur budaya Jawa dalam ajang Miss Earth International 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com ,Yogyakarta: Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani bertekad untuk meraih juara pertama dalam ajang Miss Earth International 2017. Ajang kontes kecantikan ratu dunia ini akan berlangsung di Fillipina pada November 2017 mendatang.

Dalam kontes ini, Mahasiswi Fakultas Hukum UGM akan mengusung konsep Eko wisata yang memiliki kearifan lokal dan budaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan perekonomian di dunia. Konsep Eko Wisata adalah mengembangkan potensi alam sebagai daerah tujuan wisata.

"Eko Wisata ini adalah solusi untuk mempromosikan lingkungan hidup kepada masyarakat dunia. Sekaligus permasalahan ekonomi," tutur wanita yang bisa empat bahasa ini dalam jumpa pers di Yogyakarta, Selasa (12/9/2017).

Dengan memajukan eko wisata mau tidak mau masyarakat di daerah tersebut diajak untuk lebih menjaga lingkungannya supaya tidak rusak dan tetap menarik di mata wisatawan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke destinasi eko wisata juga bisa mendatangkan penghasilan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. 

(Baca juga: Achintya Nilsen Terpilih sebagai Miss Indonesia 2017)

Michelle juga akan turut memasukkan filosifi luhur budaya Jawa dibidang lingkungan yakni, "Hamemayu Hayuning Bawana". Secara garis besar filosifi ini memiliki makna mengajak manusia untuk memperindah manusia, negara, dan dunia dengan dimensi budaya dan spiritual

"Artinya saya ingin memperindah dunia dengan nilai budaya yang ada. Misalnya dengan memberi contoh ke anak-anak untuk lebih peduli pada lingkungan misalnya tidak buang sampah sembarangan. Selalu membawa tas kain daripada menggunakan tas plastik," jelas Wanita kelahiran Bandung, 20 April 1997 ini.

Wanita yang bisa berbicara empat bahasa ini menjelaskan konsep ini didapatkan melihat pada banyaknya destinasi Eko Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Alam indah di Yogyakarta yang dikembangkan menjadi destinasi wisata ternyata mampu menggaet banyak wisatawan, bahkan Mantan Presiden AS Barack Obama. 

"Waktu Obama main ke Yogyakarta, ia sempat datang ke Puncak Becici yang merupakan daerah Eko Wisata unggulan. Artinya keindahan alam yang dijaga dengan budaya ternyata mampu menjadi magnet kuat para wisatawan," pungkas kontestan Miss Celebrity Indonesia 2016 ini.









(TIN)