Film Bergenre Apa yang Tepat Ditonton Bersama Si Kecil?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 04 Aug 2018 17:39 WIB
keluargaanak-anaktumbuh kembang anak
Film Bergenre Apa yang Tepat Ditonton Bersama Si Kecil?
Film Bergenre Apa yang Tepat Ditonton Bersama Si Kecil? (Foto: shutterstock)

Jakarta: Salah satu aktivitas akhir pekan yang dilakukan bersama keluarga adalah menonton film. Namun, adakah genre khusus yang tepat untuk ditonton dengan buah hati?

"Tidak ada genre khusus. Namun, yang terbaik adalah menghindari drama emosional yang intens atau film aksi agresif kepada anak-anak, karena otak dan pikiran mereka masih berkembang. Mereka mungkin tidak memahami banyak hal dan bisa salah menafsirkan hal-hal dan membawa kesan itu untuk waktu yang lama dalam kehidupan," kata Dr Pallavi A Joshi, konsultan psikiater dari Rumah Sakit Columbia Asia, Whitefield.

Film yang memiliki nilai pendidikan yang baik, pelajaran yang positif, menginspirasi, atau memiliki sejumlah humor dan hiburan yang menarik adalah pilihan yang baik.

Umumnya, anak-anak mungkin paling berhubungan dengan tokoh-tokoh binatang, olahraga atau film yang termasuk anak-anak seusia mereka.

"Film aksi dapat membuat mereka kurang sensitif terhadap kekerasan dan agresi. Mereka mungkin menjadi lebih agresif dan kehilangan simpati terhadap orang lain jika film semacam itu ditampilkan secara teratur," tambah Dr Joshi.

Ia menambahkan, tidak ada usia ideal untuk menonton film, tetapi lebih baik untuk memulai pada saat mereka dapat memahami apa yang mereka lihat.

"Setelah anak mampu memahami, fokus dan dapat duduk di satu tempat untuk sementara waktu, mereka dapat dibawa ke bioskop. Total panjang film harus kurang dari 1,5 jam."

Menurut American Academy of Paediatrics, anak harus menghabiskan kurang dari 1 jam per hari untuk menonton televisi dan film. Selain itu, harus ada pengawasan orang dewasa saat menonton film dan televisi.




 


(ELG)