Menenangkan Si Kecil Tanpa Kata-kata

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 13 Apr 2018 12:37 WIB
keluargaperkembangan anak
Menenangkan Si Kecil Tanpa Kata-kata
Berikut adalah beberapa cara membuat anak menjadi lebih tenang berdasarkan dari sisi psikologis termoregulasi sosial. (Foto: Brittany Simuangco/Unsplash.com)

Jakarta: Tak jarang orang tua berusaha menenangkan si kecil dengan kata-kata yang lembut. Namun, beberapa tindakan lain di luar komunikasi verbal juga dapat membuat kondisi anak membaik. 

Berikut adalah beberapa cara membuat anak menjadi lebih tenang berdasarkan dari sisi psikologis termoregulasi sosial. 

1. Menaikkan suhu
Sebuah studi dari Belanda melakukan penelitian di mana anak-anak berusia 4-6 tahun lebih senang berbagi stiker dengan teman ketika berada di suhu ruangan yang lebih hangat. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan tak sadar antara suhu yang hangat dan kehangatan emosional dalam kehidupan. 

(Baca juga: "Cry It Out" Metode Menenangkan Tangisan Bayi)


(Menurut para ahli saraf, terdapat bagian otak (disebut insula) yang menjadi aktif akibat respons pada dua jenis kehangatan: ketika seseorang menyentuh benda hangat atau ketika ia mengirim pesan kepada keluarga dan teman. Foto: Gift Habeshaw/Unsplash.com)

2. Menyajikan minuman atau makanan hangat
"Secara rasional, tidak masuk akal bahwa minum atau memegang sesuatu yang hangat dapat memengaruhi perilaku kita, tetapi ada hubungan kuat antara tubuh dan pikiran yang terdapat dalam hal tersebut," kata John Bargh, Ph.D., profesor psikologi di Universitas Yale.

Ia melakukan sebuah penelitian di mana para partispan diminta memegang minuman hangat atau dingin sebelum melakukan berbagai tes. Hasilnya, mereka yang memegang minuman hangat cenderung memiliki perasaaan yang lebih hangat dibandingkan partisipan yang memegang minuman dingin. 

3. Meringkuk bersama anak
Menurut para ahli saraf, terdapat bagian otak (disebut insula) yang menjadi aktif akibat respons pada dua jenis kehangatan: ketika seseorang menyentuh benda hangat atau ketika ia mengirim pesan kepada keluarga dan teman. 

Dr Bargh dan rekan-rekannya juga telah menemukan bahwa bagian spesifik yang berbeda dari insula menjadi aktif ketika seseorang memegang sesuatu yang dingin atau ketika dia diperlakukan dengan dingin atau dikhianati oleh seseorang dalam suatu permainan.






(TIN)