Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberi Ucapan Ulang Tahun pada Mantan Kekasih

Raka Lestari    •    Rabu, 09 May 2018 15:09 WIB
romansa
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberi Ucapan Ulang Tahun pada Mantan Kekasih
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang merasa menjalin hubungan dengan mantan penting. Namun, tak sedikit juga yang menghindarinya agar bisa memulai hidup baru yang lebih baik tanpa bayang-bayang mantan. 

Salah satu bentuk menjalin relasi dengan mantan adalah mengucapkan selamat ulang tahun. Namun, perlukah hal tersebut?

Dilansir dari Elite Daily, mengucapkan selamat ulang tahun kepada mantan pasangan bisa menunjukkan sikap ramah. Namun, di sisi lain bisa menimbulkan rasa kecewa apabila ternyata mantan masih menyimpan luka. 

Ahli perilaku Clarissa Silva menjelaskan bahwa mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada mantan adalah hal yang wajar atau tidak tergantung dari motif dan pikiran kita. Tetapi, coba Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini terlebih dahulu sebelum mengirim pesan ulang tahun kepada mantan Anda:

1. Apa yang Anda harapkan setelah mengucapkan selamat ulang tahun?

Menurut Silva, jika Anda memiliki motif tersembunyi dibalik ucapan selamat ulang tahun kepada mantan, maka sebaiknya Anda tidak mengirimkannya. Misalnya, dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada mantan, Anda berharap hubungan dapat terjalin kembali. Maka itu sebaiknya itu tidak dilakukan. Sebelum menekan "kirim," pertimbangkan apa tujuan Anda sebenarnya.

2. Apakah Anda terlalu memuja-muja hubungan dengan mantan

"Terkadang kita mengganggap sebuah hubungan ideal karena belum menemukan penggantinya, atau karena tidak ingin melakukan pendekatan," ujar Silva. Ini pasti sulit, tetapi cobalah untuk tidak memikirkan kembali hubungan Anda dengan mantan pasangan. Ketika Anda melakukan itu, maka ada kemungkinan bahwa Anda menginginkan mereka kembali ke dalam hidup Anda dan memulainya dengan ucapan ulang tahun.

3. Apakah Anda sudah benar-benar melupakan mantan pasangan Anda?
 
Jika kehadiran mereka dalam sosial media Anda justru hanya membangkitkan perasaan, mungkin lebih baik untuk memblokir, tidak berteman, atau berhenti mengikuti mereka di media sosial. Stalking media sosial mantan dapat memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan peningkatan kecemasan.

Lihat video:




(DEV)