Alasan Mengapa Si Kecil Tak Nyaman Duduk di Kursi Mobil Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 06 Jun 2018 15:14 WIB
keluarga
Alasan Mengapa Si Kecil Tak Nyaman Duduk di Kursi Mobil Bayi
Survei pada 3.000 car seat di Inggris menemukan bahwa 36 persen diantaranya tak pas dalam mobil. (Foto: Sharon McCutcheon/Unsplash.com)

Jakarta: Penggunaan kursi mobil bayi bertujuan agar si kecil aman saat berkendara. Ternyata, dua pertiga anak yang menggunakan kursi khusus tersebut tidak merasakan manfaat tersebut secara maksimal. 

Sebuah studi bernama What Car? yang dilakukan oleh organisasi Child Seat Safety menemukan bahwa 59 persen anak yang duduk di kusi mobil bayi tidak duduk dengan pas atau tak nyaman bagi mereka. 

Penelitian tersebut dilakukan pada 30 acara di Inggris pada tahun 2016 dan 2017 dimana monil yang dilengkapi dengan kursi mobil bayi diperiksa, baik dengan atau tanpa anak di dalamnya. 

Survei pada 3.000 kursi tersebut menemukan bahwa 36 persen diantaranya tak pas dalam mobil dan 33 persen membuat anak merasa tak nyaman. 

Para peneliti mengungkapkan bahwa banyak kesalahan sederhana yang bisa dihindari dalam penggunaan kursi tersebut, seperti sabuk pengaman kurang ketat, tali kekang tidak berada di posisi yang tepat dan bagian kepala yang salah.

(Baca juga: Latih Bayi Betah di Car Seat, agar Mudik jadi Nyaman)


(Sebuah studi bernama What Car? yang dilakukan oleh organisasi Child Seat Safety menemukan bahwa 59 persen anak yang duduk di kusi mobil bayi tidak duduk dengan pas. Foto: Getty Images/Unsplash.com)

Namun yang paling memprihatinkan, tiga persen anak-anak seharusnya berada di kursi anak justru tidak duduk di kursi tersebut. 

Di Inggris, anak-anak secara legal (hukum) diminta untuk tetap di kursi mobil sampai mereka berusia 12 tahun atau setidaknya 4 kaki 5 inci (setidaknya setinggi 120 cm 5 inci).

Namun, perusahaan keselamatan jalan menyarankan orang tua untuk menjaga anak-anak mereka di kursi mobil sampai mereka hampir mencapai 5 kaki, tanpa memandang usia mereka.

"Memastikan seorang anak duduk dengan aman sangat penting untuk semua orang tua, tetapi seringkali banyak yang tidak menyadari kesalahan yang mereka buat," kata Claire Evans, editor konsumen dari What Car? tersebut.

"Melakukan langkah-langkah sederhana seperti memeriksa apakah sabuk pengaman dipasang cukup erat di sekitar tempat duduk dan memastikan tempat duduk adalah ukuran yang tepat, ini agar anak tetap selamat ketika bepergian."

"Kami merekomendasikan siapa saja yang membawa anak-anak di kursi mobil untuk mencari saran ahli dan memastikan mereka mencoba kursi tersebut di mobil mereka, idealnya dengan anak mereka di dalamnya, sebelum mereka membelinya."




(TIN)