Kapan Boleh Menjenguk Teman yang Baru Melahirkan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 May 2018 11:12 WIB
topik khusus rona
Kapan Boleh Menjenguk Teman yang Baru Melahirkan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Menjenguk teman yang baru melahirkan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Selain bisa meningkatkan kualitas pertemanan, hal ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri ibu yang baru melahirkan dan menghindarkannya dari stres. 

Namun, perlu diketahui bahwa dalam menjenguk Anda perlu mempertimbangkan waktu yang tepat. 

Kebanyakan orang memilih waktu beberapa hari setelah teman melahirkan. Ternyata, menurut psikolog anak dan keluarga Ayoe Sutomo, waktu tersebut kurang tepat. 

"Saya kurang setuju karena saat bayi baru lahir hingga satu minggu adalah masa penuh perjuangan untuk ibu tersebut, " ungkapnya saat dihubungi Medcom.id pada Rabu, 16 Mei 2018. 

Pada masa tersebut, ibu harus beradaptasi dalam hal menyusui, terbiasa dengan tangisan bayi, dan masalah pengasuhan lain yang membuat pola tidurnya berantakan. 

Oleh karena itu, Ayoe menyarankan untuk menjenguk si kecil ketika orang tua juga sudah siap, misalnya saat ada acara syukuran kelahiran yang biasanya diadakan ketika bayi sudah berusia lebih dari satu bulan. 

"Saat itu, bayi sudah bisa dipegang orang lain dimana ibu sudah beradaptasi dengan kondisi bayi. Waktu tidur bayi juga sudah lebih baik dan orang tua sudah lebih rileks menjamu tamu yang datang."

Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda menanyakan terlebih dahulu pada sang ibu apakah merasa terganggu bila Anda datang melihat anaknya. 

"Tanyakan apakah masih lelah, jangan dipaksa. Kalau dia tak nyaman, ya jangan datang."

Pastinya, Ayoe tidak merekomendasikan untuk menjenguk ibu dan bayi saat keduanya masih berada di rumah sakit. 

"Memang ibu senang karena memiliki bayi, namun ia juga lelah fisik dan butuh adaptasi. Jadi butuh waktu untuk sendiri. Apalagi jika ia mengalami kondisi tertentu seperti pre-eklamsia yang membutuhkan banyak istirahat atau penanganan khusus," terangnya.

 


(DEV)