Benarkah Peran Orangtua Berkurang Saat Anak Beranjak Remaja?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Sep 2016 12:40 WIB
keluarga
Benarkah Peran Orangtua Berkurang Saat Anak Beranjak Remaja?
(Dok: Huffingtonpost) Berikan waktu Anda untuk berkomunikasi bersama anak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki anak yang beranjak remaja adalah salah satu tantangan bagi orangtua untuk merubah cara komunikasi pada sang buah hati.

"Kebanyakan orangtua berpikir tanggung jawab mereka akan berkurang saat anak beranjak dewasa. Padahal tidak demikian," ujar Najeela Shihab selaku psikolog dan founder dari website Keluarga Kita dalam acara Pengumuman Pemenang Health Agent Award 2016, Kamis (8/9/2016).

(Baca juga: Kenali Karakter Untuk Mendidik Anak)

Ia menjelaskan bahwa peran orangtua akan berubah dimana pada masa ini pengaruh orangtua akan semakin kecil bagi anak dalam segala hal. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya mengubah cara komunikasi pada anak.

"Cara mendidik ke anak yang masih sekolah dasar berbeda dengan anak yang beranjak dewasa. Kita tak bisa lagi melakukan komunikasi satu arah saja seperti menasehati, menghukum, atau melarang begitu saja," tambahnya.

Pola pengasuhan orangtua sebaiknya diubah dengan cara yang lebih bisa diterima oleh anak, salah satunya dengan mendiskusikannya dengan anak. "Saat remaja, anak memang akan lebih sedikit bicara dan itu hal yang wajar. Mungkin orangtua bisa lebih banyak menginvestasikan waktu dengan mereka, agar lebih banyak waktu untuk mengobrol," sarannya.



(TIN)