Alasan Seseorang Melakukan Perselingkuhan

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 10:03 WIB
romansapsikologi
Alasan Seseorang Melakukan Perselingkuhan
Terdapat penelitian terbaru mengenai alasan mengapa seseorang melakukan perselingkuhan. (Foto: Joshua Ness/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda pernah diselingkuhi oleh pasangan Anda, pertanyaan pertama yang mungkin terdapat dalam benak Anda adalah: Mengapa? Demikian juga sebaliknya, jika Anda pernah selingkuh terhadap pasangan Anda, tentu pasangan Anda pun akan bertanya, "Mengapa?"

Terdapat penelitian terbaru mengenai alasan mengapa seseorang melakukan perselingkuhan. Dipublikasikan dalam The Journal of Sex Research para peneliti menanyakan kepada 495 dewasa muda mengenai pengalaman perselingkuhan mereka dimasa lalu.

Pada studi tersebut, hasilnya adalah sebagian besar mengatakan mereka melakukan perselingkuhan karena alasan yang sudah banyak diketahui secara luas, yaitu karena mereka tidak puas dengan hubungan tersebut, merasa dilupakan, marah, atau memiliki ketertarikan terhadap orang lain. 

Dan setelah dilakukan studi lebih dalam, alasan di balik seseorang melakukan perselingkuhan lebih dari hanya sekedar karena perasaan cinta atau kurangnya perasaan cinta terhadap pasangannya.


(Terdapat penelitian terbaru mengenai alasan mengapa seseorang melakukan perselingkuhan. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Studi: Selingkuh Cenderung Dilakukan Kembali)

Alasannya mungkin lebih banyak karena perasaan individu yang melakukan perselingkuhan itu sendiri atau jenis situasi yang tidak begitu baik yang mereka hadapi. Individu yang kurang bertanggung jawab lebih cenderung melakukan perselingkuhan, begitu juga dengan orang-orang yang memiliki rasa tidak aman. 

Merasa tidak aman dalam suatu hubungan adalah alasan utama dari ketidakbahagiaan, dan merasa kurang puas atau kurang berkomitmen mendorong Anda untuk mencari hiburan di tempat lain. Terlebih lagi, individu yang menjauhi keintiman cenderung melakukan selingkuh demi meningkatkan rasa percaya diri.

Para peneliti juga menyebutkan apa yang menjadi mitos mengenai perselingkuhan selama ini benar. Pria cenderung selingkuh karena keinginan seksual. Sedangkan wanita biasanya melakukan perselingkuhan karena merasa kebutuhan mereka tidak terpenuhi dalam hubungan mereka.









(TIN)