Jangan Katakan Hal Ini pada Orang Berkepribadian Introvert

Nia Deviyana    •    Selasa, 21 Nov 2017 15:20 WIB
psikologi
Jangan Katakan Hal Ini pada Orang Berkepribadian Introvert
Memiliki kepribadian introvert acap kali dianggap sebagai kekurangan. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Memiliki kepribadian introvert acap kali dianggap sebagai kekurangan di mana kepribadian ektrovert lebih disukai. Berdasarkan survei, orang dengan kepribadian introvert rentan mengalami tekanan dari rekan-rekan yang meminta mereka berperilaku "normal" di lingkungan sosial.

Tips Agar Si Ekstrovert dan Introvert Bisa Bersahabat

Banyak orang salah kaprah pada introvert, menganggap mereka sebagai pemalu dan meminta mereka untuk lebih membuka diri. Situasi demikian tentu membuat introvert merasa tak nyaman.

Jika Anda punya teman introvert, 4 hal ini sebaiknya tak Anda katakan kepada mereka.

1. Jangan malu

Banyak orang salah kaprah menganggap introvert sama dengan pemalu. Orang pemalu biasanya sulit memulai percakapan dengan orang lain, sedangkan orang introvert tidak sama sekali. Mereka diam karena memang mereka menyukainya.

2. Kamu harus bertemu lebih banyak orang

Ektrovert mendapatkan energi setelah bertemu banyak orang, sedangkan introvert sebaliknya. Bertemu banyak orang sama saja menguras habis 'baterai' mereka.

3. Apa kamu baik-baik saja?

Jika Anda mendapati teman introvert Anda berbicara tak terkendali, maka pertanyaan di atas tepat karena pasti ada sesuatu yang salah. Bukan sebaliknya.

Sikap tenang adalah bagian dari kepribadian mereka.

4. Kenapa kamu tidak punya teman?

Introvert punya teman, tetapi mereka lebih senang dengan kelompok kecil yang intim daripada berteman dengan lingkaran sosial yang besar.




(DEV)