10 Cara Meningkatkan Peluang Memenangkan Beasiswa

Anindya Legia Putri    •    Sabtu, 04 Nov 2017 08:00 WIB
beasiswa osc
10 Cara Meningkatkan Peluang Memenangkan Beasiswa
(Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Program beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex kembali hadir tahun ini. Sebanyak 12 universitas menyediakan 240 beasiswa.

Ini kesempatan emas bagi siswa yang sekarang duduk di kelas 3 SMA/SMK sederajat untuk bisa kuliah gratis. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus melalui beberapa tahapan, antara lain tes online. Info selengkapnya di sini.

Berikut ini, tips agar lolos program beasiswa seperti dilansir Time.com:

1. Mendaftar untuk beasiswa lokal

Banyak pihak menawarkan beasiswa lokal melalui klub, organisasi, usaha kecil, dan swasta. Kemungkinan memenangkan beasiswa ini lebih besar karena mereka terbuka untuk lingkup kecil. Berikut cara mencari beasiswa tersebut:

• Tanyakan informasi kepada guru dan konselor Anda

• Cari situs media lokal, seperti stasiun televisi dan radio

• Periksa portal komunitas atau portal berita

• Menggunakan pencarian internet secara geografis, seperti "beasiswa di Jakarta"

• Tanya teman atau keluarga yang lulus beasiswa

2. Mendaftar untuk beasiswa dengan penghargaan yang lebih kecil

Banyak siswa mencari beasiswa yang menawarkan uang besar. Ini membuat persaingan menjadi kompetitif. Beasiswa dengan penghargaan yang lebih kecil biasanya memiliki lebih sedikit pelamar, jadi peluang Anda untuk menang mungkin lebih tinggi.

3. Pekerjaan lebih banyak = lebih sedikit pelamar = peluang lebih baik

Banyak siswa menghindari beasiswa yang membutuhkan banyak pekerjaan, seperti esai, video, dan proyek. Akibatnya, kolam pemohon jauh lebih kecil, yang berarti peluang lebih besar untuk Anda.

4. Sesuai minat

Daftarlah untuk beasiswa yang sesuai dengan minat Anda dan yang Anda senangi. Semakin beasiswa tersebut sesuai dengan pribadi Anda, semakin besar kemungkinan gairah Anda untuk memberikan hasil terbaik

5. Jangan bertele-tele memperkenalkan diri Anda dalam esai

Ini klise, bahkan bisa membuat Anda didiskualifikasi. Banyak komite beasiswa melakukan pembacaan acak, dan esai yang bertele-tele akan segera dibuang. Langsung saja ke intinya.

6. Jawaban memuaskan untuk semua pertanyaan

Anda bisa menulis esai terbaik di dunia, tapi jika diminta meminta daftar lima hal, dan Anda hanya menulis empat, Anda mungkin didiskualifikasi. Pastikan Anda menjawab setiap pertanyaan secara akurat agar memenuhi setiap persyaratan.

7. Gunakan tata bahasa yang baik

Kesalahan ejaan dan tata bahasa mungkin membuat Anda didiskualifikasi. Pastikan untuk mengoreksi esai Anda, setidaknya dua kali dan mintalah orang tua dan teman Anda untuk mengoreksinya. Semakin banyak mata, semakin baik.

8. Daftar lebih awal

Jangan menunggu sampai tanggal jatuh tempo, karena dikhawatirkan ada masalah dengan situs, koneksi internet, atau komputer Anda.

9. Daftar beasiswa sebanyak mungkin

Pesan yang kita sering dengar dari para pemenang beasiswa adalah mengajukan sebanyak mungkin beasiswa. Carilah beragam informasi dari medai sosial, cetak, elektronik, dan media lainnya. Gunakanlah kesempatan jika di sekolah Anda pun mengadakan beasiswa.

10. Jangan menyerah!

Jika tidak lolos tes, jangan berkecil hati. Juga jangan memberikan ruang menyerah di dirimu. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, pemenang beasiswa paling sukses adalah orang-orang yang terus berusaha. Temukan beasiswa yang Anda minati dan teruslah berjuang. Semoga berhasil!


(ROS)