Barang-barang yang Sebaiknya Disingkirkan dari Meja Kerja Anda

Raka Lestari    •    Kamis, 22 Mar 2018 10:39 WIB
tips karier
Barang-barang yang Sebaiknya Disingkirkan dari Meja Kerja Anda
Sebuah penelitian dari ahli saraf di Princeton menemukan bahwa semakin banyak barang-barang ada di sekitar Anda, semakin banyak pula hal-hal yang mencoba menarik perhatian Anda. (Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

Jakarta: Meja kerja merupakan salah satu bagian penting ketika sedang berada di kantor. Oleh karena itu, menjaga agar meja kerja Anda tetap bersih dan terawat haruslah dilakukan.

Namun terkadang, Anda membiarkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi disimpan begitu saja di meja kantor. Sehingga hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan Anda sendiri. 

Dikutip dari Reader's Digest berikut inilah barang-barang yang sebaiknya tidak disimpan di meja kantor Anda: 

1. Makanan sisa
Makanan sisa sebaiknya disimpan di dalam kulkas, bukan disimpan di meja kerja Anda. Selain dari mungkin mengganggu rekan kerja, remah-remah dan makanan sisa tersebut bisa saja menarik binatang-binatang kecil untuk masuk ke meja kubikel Anda. 

Untuk mengatasinya, ambillah sampah sisa makanan tersebut ke tempat sampah di dapur kantor Anda, daripada menyimpannya di bawah meja Anda. Sampah yang berada di dapur kemungkinan akan lebih sering diambil.

2. Terlalu banyak peralatan kantor
Ada alasan mengapa sebaiknya Anda tidak menyimpan terlalu banyak barang di meja kantor Anda. Sebuah penelitian dari ahli saraf di Princeton menemukan bahwa semakin banyak barang-barang ada di sekitar Anda, semakin banyak pula hal-hal yang mencoba menarik perhatian Anda. Itu berarti lebih sulit bagi otak Anda untuk memfilter informasi atau fokus pada sebuah proyek.


(Sebuah penelitian dari ahli saraf di Princeton menemukan bahwa semakin banyak barang-barang ada di sekitar Anda, semakin banyak pula hal-hal yang mencoba menarik perhatian Anda. Foto: Slava Keyzman/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Selalu Ada di Meja Kantor)

3. Foto yang tidak pantas
Sebaiknya Anda tidak menyimpan di meja kantor Anda foto-foto yang tidak pantas. Pajanglah foto-foto yang sewajarnya saja pada meja kantor Anda. 

4. Wewangian 
Wewangian tertentu misalnya peppermint dan lemon dapat memberikan dampak baik untuk produktivitas dan fokus Anda. Namun wewangian tersebut bukanlah cara yang terbaik, terutama jika rekan kerja Anda tidak menyukai wewangian tersebut. Sebaiknya simpanlah dalam botol kecil dan jika Anda membutuhkannya tinggal meneteskannya pada tangan atau kapas. 

5. Barang-barang yang berhubungan dengan politik 
Terutama ketika sudah memasuki masa-masa pemilu, sebaiknya Anda tetap merahasiakan dukungan Anda terhadap salah satu kandidat. Kecuali jika Anda bekerja di kantor politik, sebaiknya Anda tidak menunjukkan dukungan pada kandidat manapun. 

6. Cemilan tidak sehat 
Batasi makanan yang Anda simpan di meja Anda hanya untuk camilan sehat yang membuat Anda tetap bersemangat. Jika Anda memang ingin merasakan makanan-makanan manis, dark chocolate bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Penelitian dari Northern Arizona University menemukan bahwa permen mengaktifkan otak untuk meningkatkan level perhatian.









(TIN)