Melatih Hewan Peliharaan agar Terbiasa dengan Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 13 May 2017 14:27 WIB
hewan peliharaan
Melatih Hewan Peliharaan agar Terbiasa dengan Si Kecil
Melatih Hewan Peliharaan agar Terbiasa dengan Si Kecil (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membawa anggota keluarga baru ke dalam rumah bukanlah hal yang mudah karena diperlukan penyesuaian. Bagaimana mengondisikan hewan peliharaan agar bisa menerima si kecil yang baru lahir?

Meskipun kucing atau anjing dapat berubah dengan baik saat kedapatan anggota baru, ahli hewan peliharaan menyarankan agar pemiliknya melakukan persiapan empat hingga enam bulan sebelum persalinan. Misalnya mengubah jadwal mengajak jalan-jalan hewan peliharaan untuk membuat transisi yang lebih lembut.

"Jika Anda tak ingin anjing atau kucing masuk ke kamar bayi, cobalah latih mereka untuk tetap berada di luar kamar sebelum bayi sampai," ujar Dr. Judy Morgan, seorang dokter hewan di Clayton, New Jersey.

Menurutnya, membantu hewan peliharaan menyesuaikan bau baru juga dapat membantu mereka menerima si kecil. Hal ini tentunya berpengaruh pada anjing yang memiliki indera penciuman 10 ribu hingga 100 ribu kali lipat lebih akut daripada manusia.

"Perbolehkan hewan peliharaan Anda terbiasa dengan barang-barang bayi seperti mencium bau boks bayi dan mendengar suara mainan," ujar Dr. Alison Birken Streit, dokter hewan di Fort Lauderdale, Florida.

Streit juga menyarankan agar pemilik rumah membawa barang-barang bayi seperti selimut, popok, atau botol minum bayi ke rumah sehingga saat si kecil datang, hewan peliharaan sudah terbiasa dengan bau bayi.

Dr. Katie Friedman, seorang dokter anak dari Joe DiMaggio Children’s Hospital di Florida menegaskan bahwa hindari meninggalkan hewan peliharaan berdua dengan bayi meskipun hewan tersebut sudah terlatih. Namun, tak masalah bila mereka saling mengenali satu sama lain asalkan ada orang dewasa di sekitar.

"Anda perlu melihat bagaimana hewan peliharaan merespon bayi sebelum mereka menjadi semakin dekat dengan si kecil. Cobalah bawa mereka pada ruangan yang sama untuk melihat reaksinya," tambahnya.


(ELG)