Ini Cara Memotong Alpukat yang Benar

Raka Lestari    •    Senin, 02 Jul 2018 07:00 WIB
tips & trik
Ini Cara Memotong Alpukat yang Benar
Meskipun saat ini sudah banyak beragam olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar alpukat, namun mengonsumsinya secara langsung merupakan pilihan terbaik. (Foto: Courtesy of Getty Images/iStockphoto)

Jakarta: Alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang disukai oleh banyak orang dan tentu saja dipenuhi dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Meskipun saat ini sudah banyak beragam olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar alpukat, namun mengonsumsinya secara langsung merupakan pilihan terbaik.

Mengonsumsi alpukat secara langsung juga bisa dijadikan pilihan agar kandungan gizi baik yang terdapat dalam alpukat tidak berkurang. 

Tetapi kadang masih banyak orang yang belum mengetahui cara yang tepat memotong buah alpukat agar saat memotong alpukat tidak melukai tangan Anda sendiri.

Meskipun memegang kedua alpukat dengan tangan Anda merupakan cara paling mudah dalam memotong alpukat, bisa jadi hal itu bisa menjadi metode yang berbahaya karena dapat melukai tangan Anda sendiri. 


(Mengonsumsi alpukat secara langsung juga bisa dijadikan pilihan agar kandungan gizi baik yang terdapat dalam alpukat tidak berkurang. Foto: Mariana Medvedeva/Unsplash.com)

(Baca juga: Ketahui Manfaat Lemak Sehat di Dalam Alpukat)

"Cara paling aman untuk memotong alpukat adalah dengan memotongnya di talenan, sambil menggunakan tangan untuk menstabilkan alpukat sambil memutar dan memotong" jelas Kelsey Youngman, direktur dapur uji Food&Wine di New York.

"Sehingga Anda tidak perlu memotongnya di tangan Anda. Saat memotong alpukat di talenan, pastikan untuk menggunakan pisau yang tajam untuk mendapatkan hasil terbaik."

Setelah membuat sayatan di sekitar alpukat, Anda akan dapat memutar buah dan memisahkannya menjadi dua bagian. Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan biji alpukat. Jika saat membuang biji alpukat tidak dilakukan dengan benar, Anda justru akan membuang banyak daging alpukat jika memaksa bijinya untuk terlepas dari alpukat.  

Menurut Dana Velden, seorang koki dan penulis cara terbaik untuk membuang biji alpukat adalah dengan menggunakan pisau tajam lalu menusuk biji alpukat, kemudian memutar biji alpukat dan kemudian mengeluarkannya dari daging buah alpukat. 




(TIN)