Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Setelah Putus dengan Pasangan

Raka Lestari    •    Jumat, 07 Sep 2018 10:00 WIB
romansapsikologi
Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Setelah Putus dengan Pasangan
Berikut ini adalah kemungkinan beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah putus dari pasangan dan itu merupakan sesuatu yang normal terjadi. (Foto: Adi Constantin/Unsplash.com)

Jakarta: Putus cinta merupakan hal yang normal terjadi, entah itu Anda yang memutuskan hubungan dengan pasangan ataupun sebaliknya.

Dan tentu saja setelah putus dengan pasangan, akan ada kenangan-kenangan ketika masih bersama yang akan selalu teringat di pikiran Anda. Terutama jika mantan pasangan Anda merupakan seseorang yang sangat berarti sebelumnya. 

Dan berikut ini adalah kemungkinan beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah putus dari pasangan dan itu merupakan sesuatu yang normal terjadi.

(Baca juga: Pertanda Anda Belum Cukup Dewasa dalam Hubungan Romansa)


(Kenangan indah yang sudah Anda lalui bersama mantan pasangan bisa hadir secara tiba-tiba dan membanjiri pikiran Anda. Namun percayalah bahwa seiring berjalannya waktu, hal itu akan semakin berkurang. Foto: Icons8 team/Unsplash.com)

1. Mengingat keluarga dan teman-teman mereka 
Saat menjalin hubungan dengan seseorang, teman-teman dan keluarga mereka pun tentu menjadi bagian dari kisah percintaan Anda. Dan ketika putus, mungkin sulit bagi Anda untuk melupakan mereka. 

Menurut Fran Greene, seorang relationship expert, "Hasrat dan obsesi Anda terhadap mantan pasangan akan berkurang jika Anda tidak dikelilingi dengan hal yang membuat Anda mengingat masa-masa indah bersama mantan pasangan."

2. Mengingat masa-masa indah 
Kenangan indah yang sudah Anda lalui bersama mantan pasangan bisa hadir secara tiba-tiba dan membanjiri pikiran Anda. Namun percayalah bahwa seiring berjalannya waktu, hal itu akan semakin berkurang dan itulah saat yang tepat untuk melupakan mereka dari hidup Anda. 

3. Masih berhubungan dengan mereka
Ada saat-saat dimana mungkin Anda perlu mengontak mereka kembali. Namun yang perlu diingat adalah, "jangan langsung mengontak mereka satu hari setelah putus, tetapi juga jangan sampai tidak pernah mengontak mereka sama sekali lalu tiba-tiba menghubunginya karena itu akan menimbulkan rasa canggung," ujar  Chris Armstrong, seorang relationship coach. 

4. Habiskan waktu bersama orang lain
Setelah putus dari pasangan, Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak bagi diri sendiri yang sebelumnya waktu bagi diri sendiri akan sangat terbatas. 

Setelah putus dari pasangan, pertimbangkan untuk mencoba mengisi kekosongan itu dengan melakukan hobi Anda sendiri, menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, berolahraga, atau mencoba aktivitas baru yang selalu ingin Anda lakukan tetapi belum punya waktu, kata Nora DeKeyser, seorang relationship coach. 




(TIN)