Hasil Survei: Orangtua di Indonesia Pegang Kendali Tentukan Profesi Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Sep 2016 08:00 WIB
keluarga
Hasil Survei: Orangtua di Indonesia Pegang Kendali Tentukan Profesi Anak
(Foto: intuit)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah survei mengungkapkan, 91 persen orangtua di Indonesia memiliki andil menentukkan profesi yang akan digeluti anak mereka.

Data dari HSBC Value of Education 2016 tersebut menyebutkan, 1 dari 2 orangtua menyarankan profesi dengan penghasilan tinggi, yakni kedokteran (20 persen), ilmu komputer (12 persen), teknik (11 persen), keuangan (7 persen), dan pendidikan (6 persen).

Data melibatkan 400 orang tua di Indonesia, yang rata-rata memiliki anak berusia minimal 23 tahun. Hasil penelitian juga menemukan, 60 persen partisipan mempertimbangkan mengirim anak mereka untuk bersekolah di luar negeri.

(Baca: Pemerintah Jamin Pendidikan Anak yang Direlokasi ke Rusun)

"Dari presentase tersebut, 58 persen (mengarahkan anak) untuk belajar dan sisanya untuk bekerja," papar Steven Suryana, Heas of Wealth Management HSBC Indonesia dalam diskusi bertajuk Preferensi Orang Tua Indonesia Terhadap Pendidikan Terbaik Anak di Era Millennial, Rabu (14/9/2016).

Sebanyak 51 persen orang tua juga menyarankan anak mereka untuk mengambil kelas pelatihan khusus. Hal ini dinilai penting untuk meningkatkan kemampuan profesional sehingga anak memiliki nilai tambah di mata perusahaan.

Sementara, 33 persen sisanya menyarankan anak untuk melanjutkan ke jenjang master atau S2.

Dari survei ini juga diketahui, orangtua baru bisa melepas anak sepenuhnya ketika mereka sudah dianggap mandiri secara finansial.

"Sementara 85 persen dan 84 persen orang tua menganggap anak yang memiliki tabungan sendiri dan bisa mengaturnya sudah mandiri finansial," tutupnya.



Lihat Video: Perlukah Les Tambahan untuk Anak?




(DEV)