Survei: Banyak Orang Tidak Senang Melihat Foto Selfie di Media Sosial

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 12 Feb 2017 16:01 WIB
psikologi
Survei: Banyak Orang Tidak Senang Melihat Foto Selfie di Media Sosial
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi di Munich yang melibatkan 238 orang dari Austria, Jerman, dan Swiss melakukan survei tentang bagaimana pendapat para partisipan tentang foto selfie. Hasilnya, mereka tak senang melihat foto selfie bertaburan di linimasa media sosial mereka.

"Saat melihat reaksi mereka terhadap selfie, muncul irony. Mengapa? Karena saat banyak orang mengunggah foto selfie mereka secara rutin, pengikut mereka justru tak menyukainya," ungkap para peneliti, Sarah Diefenback dan Lara Christoforakos dari Ludwig-Maximilians-University Munich.

Kebiasaan yang menjamur tersebut menunjukkan narsisme yang menimbulkan kritik dan rasa tak hormat, serta berkaitan dengan sesuatu yang tak asli dimana pose tersebut menunjukan gambaran lain dari seseorang yang berbeda dengan penampilannya.

Berdasarkan survei dari mereka yang tak gemar melakukan selfie, 77 persen dari mereka setidaknya ber-selfie sebulan sekali dan 44 persen mengaku melakukannya seminggu sekali.

Studi tersebut juga melihat bahwa mereka yang senang ber-selfie sering kali dihakimi oleh mereka yang melihat unggahan tersebut.

Secara keseluruhan, partisipan mengaku lebih melihat konsekuensi negatif seperti ancaman terhadap harga diri atau dunia ilusi dibandingkan dengan konsekuensi postif seperti kemandirian saat melihat foto narsis.

Dengan kata lain, mereka yang senang ber-selfie tak menyadari bahwa orang melihatnya sebagai narsisme.

Faktanya, 90 persen dari partisipan berpikir bahwa selfie bersama teman-teman adalah kedok untuk promosi diri.


(DEV)