Liburan Hemat dan Menyenangkan

   •    Jumat, 29 Dec 2017 15:35 WIB
liburan
Liburan Hemat dan Menyenangkan
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Jakarta: Tema liburan selalu menarik untuk diperbincangkan. Ada orang yang menganggap bahwa liburan adalah kebutuhan, ada pula yang memandangnya sebagai bonus dari penghasilan.

Terlepas dari dua anggapan tersebut, rencana untuk berlibur tetap harus dipersiapkan sejak awal terutama terkait dengan finansial.

Jangan sampai ketika masa liburan usai bukan rasa senang yang didapat melainkan stres akibat isi tabungan habis untuk memenuhi kebutuhan liburan.

"Jadi harus bisa menyisihkan uang dan mempersiapkan pos liburan sendiri sehingga tidak mengganggu pengeluaran sehari-hari," ujar Vice President Agency Manulife Indonesia Raymond Sung, dalam Cerdas 5 Menit, Kamis 28 Desember 2017.

Agar biaya liburan tak membengkak, Raymond menyarankan agar memanfaatkan travel fair yang kerap diselenggarakan oleh biro perjalanan wisata, penyedia tiket, atau hotel mendekati musim liburan. Jika beruntung mendapatkan salah satu promonya, anggaran yang sudah disiapkan bisa disimpan untuk berjaga-jaga.

Memanfaatkan program kartu kredit yang bekerja sama dengan paket liburan juga bisa dijadikan sebagai alternatif penghematan pos anggaran liburan.

"Idealnya saat mempersiapkan itu memilih akomodasi dan tempat yang sesuai dengan bujet. Kalau tidak kita akan kesulitan, jangan biarkan dana yang tidak kita persiapkan melambung," katanya.

Menghemat anggaran liburan juga bisa dilakukan dengan mencari dan menyurvei terlebih dulu lokasi yang hendak dituju. Entah melalui media sosial maupun informasi-informasi yang beredar.

Periksa apakah tempat yang dituju menggratiskan biaya masuk atau adakah keuntungan lain yang bisa didapatkan untuk sedikit menghemat pos anggaran.

Mempersiapkan makanan dan camilan sendiri untuk disantap saat mengunjungi lokasi wisata juga perlu. Sebab anda tidak akan tahu berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan hanya untuk memuaskan rasa lapar.

Cari atau buat kegiatan yang tak mengharuskan anda mengeluarkan biaya. Misalnya piknik ke taman dengan kegiatan bermain bola atau berolahraga jauh lebih hemat ketimbang mendatangi lokasi wisata yang membutuhkan biaya.




(MEL)