Mewujudkan Impian Menjadi Penyiar Radio

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 06 Mar 2018 20:17 WIB
karier
Mewujudkan Impian Menjadi Penyiar Radio
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Menjadi seorang penyiar radio menjadi impian bagi sebagian orang. Kini, Anda bisa mewujudkan impian tersebut dengan mengikuti ajang pencarian calon penyiar radio terbesar di Indonesia, Wadyabala Hunt 2018.

Content Director Prambors Christo Putra menjelaskan bahwa Wadyabala Hunt diselenggarakan karena masih banyak anak muda menggenggam mimpi menjadi penyiar, terutama Prambors Radio. "Wadyabala" merupakan sebutan bagi kru Prambors radio.

"Terakhir kali Prambors membuat Wadyabala Hunt tahun 2011. Setelah kita adakan workshop radio di lima kota, animonya besar sekali. Di setiap kota ada 300 hingga 400 orang yang tertarik. Dan seiring berjalannya waktu, pada 2018 ada 10 orang yang masuk Prambors, tapi ada juga yang resign. Kita butuh orang lagi, dan kalau dilihat prospek jadi penyiar itu bagus," ucap Christo Putra, dalam konferensi pers Widyabala Hunt 2018, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Maret 2018.

Penyiar radio bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Profesi ini merupakan pekerjaan paling fleksibel dan dinilai seksi oleh anak muda.

"Untuk dijadikan profesi tetap sangat terbuka, karena mereka siaran sehari empat jam, dan setiap hari. Apalagi sekarang channel-nya tidak hanya lewat FM saja, tapi juga bisa streaming, socmed, dan YouTube sehingga menjadi lebih luas. Paling seksi untuk anak muda, sehari empat jam cuap-cuap, setelah itu mereka masih bisa melakukan kegiatan yang lain," kata Christo, saat disinggung soal peluang profesi penyiar masa kini.

Wadyabala Hunt merupakan ajang kawula muda untuk menunjukkan eksistensi. Apalagi Prambors yang telah mengudara di delapan kota terbukti melahirkan sejumlah figur publik di dunia hiburan. Misal, Cici Panda, Desta, Indra Bekti, dan Nycta Gina.

"Sebagai radio yang telah mengudara selama 47 tahun, Prambors adalah tempat yang pas bagi kawula muda menunjukkan eksistensinya. Dan juga tempat yang tepat mengekspresikan diri, karena banyak orang yang tahu penyiarnya, jadi kalau ingin terjun ke dunia entertainment bisa mengawali karier di sini, seperti yang lain," tutur Christo.


(Foto:Pelangi Karismakristi)

Audisi Wadyabala Hunt 2018 telah dibuka sejak Januari lalu, dan akan berakhir pada Maret. Hingga berita ini diturunkan, tercatat sudah ada 500 pendaftar dari seluruh Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari Wadyabala Prambors, silakan mengikuti proses audisi. Caranya, bikin video menarik Anda sedang melakukan apa pun yang unik sambil siaran radio. Kemudian unggah video di Instagram dengan format Nama_Umur_Alasan mengapa mengikuti Wadyabala Hunt 2018, disertai tagar #WadyabalaHunt2018.

Wadyabala Hunt 2018 akan menggelar roadshow di delapan kota yakni Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Makassar. Di sana Anda bisa langsung mengikuti audisi secara langsung. Jika lolos seleksi, para peserta akan mengikuti karantina dan training di Jakarta.

"Kesempatan ini terbuka bagi Anda yang berusia 18-25 tahun, kreatif secara audio dan visual, suka musik dan memiliki kemampuan bahasa Inggris," ujar Christo.

Pemenang Wadyabala Hunt 2018 akan diumumkan pada April. Ia berhak mendapatkan kontrak eksklusif siaran di Prambors selama enam bulan, mendapat uang tunai, liputan konser ke luar negeri, kesempatan mewawancarai artis internasional, dan masih banyak lagi.

"Kami berharap Wadyabala Hunt bisa dilaksanakan setiap tahun. Bagi yang lolos seleksi, kami berharap mereka lebih perhatian dan kreatif dengan perkembangan teknologi. Mereka tidak boleh lupa ada media radio. Dengan Wadyabala Hunt ini berarti menunjukkan radio masih eksis, dan dia sadar menjadi penyiar itu mengasyikkan," ucap Christo.


(ROS)